ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS SISWA KELAS VIII MTs NURUL IMAN KURIPAN KIDUL KABUPATEN CILACAP

Safira, Nur Maulidia (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS SISWA KELAS VIII MTs NURUL IMAN KURIPAN KIDUL KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi Safira Nur Maulidia.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang peneliti lakukan memiliki tujuan menganalisis serta mengetahui kesulitan-kesulitan belajar matematika pada materi koordinat kartesius siswa kelas VIII MTs Nurul Iman Kuripan Kidul. Penelitian ini penting karena bagi seorang guru mengetahui kesulitan-kesulitan belajar siswa perlu agar guru bisa mengambil antisipasi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa terutama pada materi koordinat kartesius. Penelitian ini, merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan lokasi penelitian di MTs Nurul Iman Kuripan Kidul. Objek penelitian ini yaitu berupa kesulitan belajar matematika pada materi koordinat kartesius siswa kelas VIII. Proses pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara,dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Iman. Sedangkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas VIII MTs Nurul Iman memiliki kesulitan belajar matematika yang beragam pada materi koordinat kartesius. Dari 70 siswa dapat diketahui bahwa terdapat 13 siswa mengalami kesulitan belajar matematika tingkat rendah, 40 siswa tingkat sedang, dan 17 siswa tingkat tinggi dengan indikator kesulitan mengenal dan memahami simbol adalah yang paling banyak ditemui dan kesulitan belajar yang jarang ditemuikan pada siswa yaitu gangguan hubungan keruangan, kesulitan bahasa dan membaca serta abnormalitas persepsi visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Koordinat Kartesius, Matematika.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Safira Nur Maulidia
Date Deposited: 15 Apr 2023 02:14
Last Modified: 15 Apr 2023 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18858

Actions (login required)

View Item View Item