MANAJEMEN PELAYANAN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN CABANG PURWOKERTO

FIKE, FETRIYANA (2023) MANAJEMEN PELAYANAN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN CABANG PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FIKE FETRIYANA_MANAJEMEN PELAYANAN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN CABANG PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sektor ketenagakerjaan sangat penting dalam pembangunan nasional, selain itu peningkatan tenaga kerja yang terus bertambah maka diperlukannya kesejahteraan bagi tenaga kerja di Indonesia. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto merupakan badan hukum yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja melalui program-program jaminan sosial. BPJS Ketenagakerjaan merupakan perusahaan jasa yang dalam penyelenggaraanya memberikan suatu pelayanan jasa. Dengan adanya manajemen pelayanan yang baik maka akan meberikan penilaian positif dari nasabah. Dalam BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto manajeman pelayanan sangat diperlukan agar suatu proses pelayanan dapat berjalan dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif kualitatif, yang terdiri atas tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen pelayanan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto sudah baik dengan menerapkan dimensi- dimensi kualitas pelayanan Reability (keandalan, Responseveness (daya tanggap), Tangible (bukti langsung), Assurance (jaminan), dan Emphaty (empati). Selain itu penerapan prinsip-prinsip syariah dalam manajemen pelayanan di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto menerapkan prinsip tolong menolong (ta’awun), prinsip memberi kemudahan (at-taysir), dan prinsip saling mencintai (muhabbah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: FIKE FETRIYANA sdri
Date Deposited: 15 Apr 2023 01:59
Last Modified: 15 Apr 2023 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18846

Actions (login required)

View Item View Item