RESEPSI FUNGSIONAL KEGIATAN DZIKIR ISTIGHOTSAH DI DESA DATAR KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG

Burhanudin, Burhanudin (2023) RESEPSI FUNGSIONAL KEGIATAN DZIKIR ISTIGHOTSAH DI DESA DATAR KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
BURHANUDIN (1817501012) RESEPSI FUNGSIONAL KEGIATAN DZIKIR ISTIGHOTSAH DI DESA DATAR KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini di latar belakangi oleh ketertarikan penulis terhadap kegiatan dzikir istighotsah. Yang dilakukan di desa Datar Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang berbeda dengan dzikir istighotsah yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosesi dzikir istighotsah di Desa Datar, serta untuk mengetahui resepsi fungsional dari kegiatan dzikir istighotsah di Desa Datar. Penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber primer dari penelitian adalah tokoh dan jama’ah yang mengikuti dzikir istighotsah. Adapun sumber sekundernya adalah informasi-informasi yang diperoleh dari buku dan jurnal yang terkait dengan objek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis melalui 2 tahap: tahap pertama melalui reduksi, display, dan verifikasi data. Kemudian tahap kedua, data dianalisis dengan menggunakan teori resepsi dari Ahmad Rafiq dan teori fungsionalisme dari Branislaw Malinowski. Dengan kedua teori tersebut, dapat dijelaskan resepsi dari kegiatan dzikir istighotsah di Desa Datar. Dari penelitian yang telah dilakukan, hasil yang didapatkan adalah sebagai berikut: Pertama Istighotsah merupakan suatu tradisi berdo’a di masyarakat dengan tujuan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT dengan melafalkan dzikir, surat-surat pilihan dalam Al-Qur’an serta bacaan-bacaan do’a yang dipimpin langsung oleh imam istighosah. Pelaksanaan kegiatan dzikir istighotsah di Desa Datar sendiri awal mulai dilaksanakan pada tahun 2006, kegiatan ini dilaksanakan setelah sholat Isya pada jam 20.00 WIB s/d selesai. Kegiatan ini masih berlangsung sampai sekarang dan dilaksanakan secara rutin sebulan sekali tepatnya setiap malam ahad kliwon. Kedua Resepsi fungsional kegiatan dzikir istighotsah di Desa Datar mempunyai: a. fungsi performatif: jama’ah yang mengikuti kegiatan dzikir istighotsah memiliki resepsi atau pemaknaannya terhadap Al-Qur’an sehingga mereka membacakannya dalam dzikir istighotsah yang mereka lakukan. b.Fungsional : Fungsi dari kegiatan dzikir istighotsah yang penulis analisis dengan teori fungsional dari Branislaw malinowski terbagi menjadi 3 yaitu fungsi religi, sosial dan pendidikan. Adapun fungsi religi dari kegiatan dzikir istighotsah sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan dijauhkan dari bahaya dan bencana. Sedangkan fungsi sosial nya yaitu sebagai perekat hubungan sosial dan dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama warga. Dan Fungsi ekonomi dari kegiatan dzikir istighotsah yaitu bisa membuat jama’ah membuka jaringan bisnisnya, jamaah mampu menangkap peluang bisnis untuk memperluas distributor bisnisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resepsi, Fungsi Dan Istighotsah
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.04 TOpik Khusus
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: BURHANUDIN B
Date Deposited: 15 Apr 2023 01:51
Last Modified: 15 Apr 2023 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18831

Actions (login required)

View Item View Item