KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA (ANALISIS KANDUNGAN QS. LUQMAN AYAT 12-19 DALAM TERJEMAH TAFSIR AṬ-ṬABARI)

Ika, Sukmawati E.R (2023) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA (ANALISIS KANDUNGAN QS. LUQMAN AYAT 12-19 DALAM TERJEMAH TAFSIR AṬ-ṬABARI). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ika Sukmawati E.R_Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga (Analisis Kandungan QS. Luqman Ayat 12-19 dalam Terjemah Tafsir At-Tabari).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam Islam, anak merupakan amanah Allah ta’ala yang harus dijaga oleh setiap orang tua. Sebagai amanah, anak memiliki hak yang harus dipenuhi oleh kedua orang tua, sehingga hak itu menjadi kewajiban orang tua terhadap anaknya untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan benar sesuai dengan pedoman Al-Qur’an dan sunnah. Besarnya amanah dan tanggung jawab dalam pendidikan anak inilah sehingga Allah ta’ala mengabadikan pesan moral orang tua kepada anaknya dari sosok mulia, bijak dan penuh hikmah ialah Luqman Al-Hakim dalam Al-Qur’an Surat Luqman. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui tentang pendidikan dan metode apa saja yang diterapkan oleh Luqman al-Hakim terhadap anaknya berdasarkan analisis kandungan QS. Luqman ayat 12-19 dalam terjemah tafsir aṭ-Ṭabari dengan berbagai sumber ataupun media pendukung. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan analisis datanya adalah analisis isi (content analisys). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep pendidikan anak dalam keluarga menurut Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 dalam Terjemah Tafsir Aṭ-Ṭabari dibagi menjadi beberapa dimensi yaitu, (a) Pendidikan Anak dalam Keluarga Luqman Al-Hakim, (b) Metode Pendidikan dalam Keluarga Luqman Al-Hakim. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan Luqman terhadap anaknya ini sangatlah relevan apabila diterapkan dalam kehidupan keluarga sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Anak, Keluarga.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Sukamawati Enjang Rahayu sdri
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:30
Last Modified: 14 Apr 2023 07:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18826

Actions (login required)

View Item View Item