Implementasi Metode Fun Learning di biMBA-AIUEO Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

Rita, Nofianti (2023) Implementasi Metode Fun Learning di biMBA-AIUEO Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saiffudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rita Nofianti_Implentasi Metode Fun Learning di biMBA-AIUEO Pliken Kecamatan Sumbang KabupatenBanyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Anak Usia Dini merupakan masa yang tepat untuk melakukan pendidikan. Pada masa ini anak sedang melewati proses pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa. Pendidikan bagi anak dimulai dari rumah, lembaga PAUD, TK, dan biMBA-AIUEO juga lingkungan sekitar. Pendidikan dan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran dinilai sesuai dengan kepribadian dan dunia anak-anak yang menyukai kesenangan dan kegembiraan. Salah satu metode tersebut ialah fun learning, dalam pembelajaran Fun learning, “kegembiraan” bukan berarti menciptakan suasana heboh dan rusuh. Namun Kegembiraan ini dapat menginspirasi anak-anak, adanya keterlibatan penuh, dan menciptannya makna, pemahaman, dan nilai-nilai yang dapat membahagiakan anak. Penelitian ini dilakukan didesa pliken kecamatan kembaran kabupaten banyumas bertujuan untuk menganalisis secara jelas dan mendalam mengenai implementasi metode fun learning pada biMBA-AIUEO Pliken. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Fun learning dalam proses belajar mengajar di biMBA-AIUEO pliken dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Hal ini disebabkan karena di dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah, anak tidak mendapatkan tekanan atau paksaan dari orangtua untuk belajar, dan anak juga sepenuhnya ikut terlibat dalam proses belajar mengajar karena motivator selalu berusaha berinterasksi dengan peserta didik. Dalam penerapannya juga metode Fun learning membuat anak lebih siap mengerjakan modul yang akan diberikan motivator serta anak akan memiliki rasa percaya diri dalam proses belajar karena anak menganggap motivator sebagai temannya, selain itu anak aktif dalam proses belajar sehingga akan menumbuhkan rasa kemandirian dalam diri anak pada saat proses belajar. Pada proses pembelajaran lebih banyak dirasakan oleh anak melalui metode Fun learning yang disajikan oleh motivator melalui 4B bernyanyi, bercerita, bermain, berdialog, dan bergambar. Kata kunci: metode fun learning, anak usia dini, biMBA AIUEO

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode fun learning, anak usia dini, biMBA AIUEO
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rita Nofianti
Date Deposited: 14 Apr 2023 08:00
Last Modified: 14 Apr 2023 08:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18807

Actions (login required)

View Item View Item