Sahilah Masarur, Fatimah (2023) PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Sahilah Masarur Fatimah_Penerapan Model Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patikraja Kabupaten Banyumas.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kerap ditemui permasalahan didalam proses pembelajarannya, pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang biasanya menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik nyatanya dapat diatasi dengan penerapan model pembelajran yang lebih menarik yaitu model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI). Model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) adalah model pembelajaran yang melibatkan seluruh indera yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan bagaimana penerapan model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patikraja kabupaten Banyumas. Dalam mengumpulkan data metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pemabahasan menyeluruh yang telah dipaparkan oleh peneliti mengenai Penerapan Model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Dalam Pembelejaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patikraja Kabupaten Banyumas telah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran yang melibatkan unsur-unsur dari model pembelajaran SAVI yaitu Somatic, Auditory, Visual, Intellectual yang dimana kegiatan dilakukan atas 4 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan, dan tahap penampilan hasil. Didalam proses pembelajaran guru akan menggunakan metode dan media belajar yang sesuai dengan konsep pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) yaitu memanfaatkan indera-indera yang dimiliki oleh peserta didik. Kelebihan dari penerapan model SAVI yaitu kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dikarenakan peserta didik menjadi lebih aktif, meningkatkan minat belajar pada peserta didik, menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, tidak jenuh, dan bervariasi. Adapun kekurangannya yaitu model pembelajaran SAVI membutuhkan kelengakapan sarana dan prasarana, dan membutuhkan kreativitas guru yang tinggi didalam berjalannya proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Model Pembelajaran SAVI, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SAHILAH MASARUR FATIMAH |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 06:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 06:25 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18797 |
Actions (login required)
View Item |