MANAJEMEN PEMASARAN HOME INDUSTRY GULA SEMUT KRISTAL ORGANIK DALAM MENINGKATKAN PERMINTAAN EKSPOR (Studi Kasus pada Pusat Pengembangan Produk Rakyat (P3R) Gula Semut Kristal Organik Langgongsari, Cilongok, Banyumas)

Ainurrofik, 09232326 (2015) MANAJEMEN PEMASARAN HOME INDUSTRY GULA SEMUT KRISTAL ORGANIK DALAM MENINGKATKAN PERMINTAAN EKSPOR (Studi Kasus pada Pusat Pengembangan Produk Rakyat (P3R) Gula Semut Kristal Organik Langgongsari, Cilongok, Banyumas). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AINURROFIK_MANAJEMEN PEMASARAN HOME INDUSTRY GULA SEMUT KRISTAL ORGANIK DALAM MENINGKATKAN PERMINTAAN EKSPOR (Studi Kasus Pada Pusat Pengembangan Produk Rakyat (P3R) Gula Semut Kristal Organik Langgongsari, Cilongok,).pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Produksi gula kelapa merupakan salah satu potensi home industry terbesar di Cilongok, Banyumas, setelah pertanian. Home industry gula semut kristal organik memiliki pertumbuhan yang cukup pesat untuk mengembangkan potensi produk gula kelapa yang tetap menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat Langgongsari, Cilongok, Banyumas, secara keseluruhan. Apalagi dengan perkembangan produk gula kelapa sekarang ini yaitu yang dulunya gula jawa cetak biasa menjadi produk semut kristal organik. Home industry gula semut kristal organik menjadi salah satu bisnis yang mempunyai pengaruh besar bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi rakyat, gula semut kristal organik merupakan olahan dari sari gula kelapa yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tanpa sedikitpun mengandung obat kimia. Potensi besar yang dimiliki home industry gula semut kristal organik ini mampu memasarkan produknya sampai ke pasar ekspor. Manajemen pemasaran home industry gula semut kristal organik yang diterapkan dalam memenuhi permintaan ekspor adalah lebih mengutamakan kualitas produk serta aman dikonsumsi (alami), perusahaan home industry gula semut kristal yang dibuat oleh perusahaan kecil tetapi bisa dapat memasarkan sampai ke pasar ekspor. Penelitian ini terfokus pada bagaimana manajemen pemasaran home industry gula semut kristal organik dalam meningkatkan permintaan ekspor. Untuk mengkaji lebih mendalam tentang manajemen pemasaran home industry gula semut kristal organik dalam meningkatkan permintaan ekspor menggunakan teori manajemen pemasaran dalam bukunya Manajemen Pemasaran (Philip Kotler). Teori manajemen pemasaran mengatakan bahwa lingkungan yang berpengaruh dikategorisasikan pada dua kategori utama, yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisisnya, penulis menggunakan metode analisis data deskriptif yaitu metode penelitian yang bermaksud membuat pencandraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian. vi Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis bahwa manajemen pemasaran home industry gula semut kristal organik dalam meningkatkan permintaan ekspor adalah : Pertama mengutamakan kualitas produk dengan cara menggunakan bahan-bahan alami yang larunya terbuat dari bahan tumbuh-tumbuhan dan tanpa sedikit pun campuan obat kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Kedua memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang tumbuh di lingkungan sekitar dan sangat mudah didapat, Serta terjadwal waktu pengambilan sari-sari gula kepalanya (air nira). Ketiga memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah memiliki keahlian secara turun-temurun dan dikerjakan secara bersama-sama oleh para istri dan para suaminya serta dibantu oleh anak-anaknya dengan membagi tugasnya masing-masing. Keempat mengutamakan kepuasan konsumen dengan cara produk selalu tersedia berapapun permintaan ekspor dengan harga yang kompetitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen pemasaran, home industry gula semut kristal organik, permintaan ekspor
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Dec 2016 09:22
Last Modified: 09 Dec 2016 09:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item