PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU KELAS IV B DI MIN 3 BANYUMAS KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Alfin, Hijria Dewantari (2023) PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU KELAS IV B DI MIN 3 BANYUMAS KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ALFIN HIJRIA DEWANTARI_PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU KELAS IV B DI MIN 3 BANYUMAS.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penguasaan keterampilan dasar mengajar merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan seorang guru dalam memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya. Guru kelas harus memiliki keterampilan yang baik dalam menyampaikan materi pelajaran, mengelola kelas, dan memotivasi siswanya. Dengan memiliki keterampilan dasar mengajar yang baik, guru kelas dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang penerapan keterampilan dasar mengajar pada guru kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa,kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Lokasi yang diteliti adalah MIN 3 Banyumas, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Subyek penelitian meliputi guru kelas IV-B dan kepala sekolah. Hasil penelitian tentang Penguasaan keterampilan Dasar Mengajar Guru Kelas IV B di MIN 3 Banyumas, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, yaitu guru kelas IV B MIN 3 Banyumas telah menerapkan 8 keterampilan dasar mengajar. Keterampilan tersebut yaitu 1) Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, 2) Keterampilan bertanya, 3) Keterampilan menjelaskan, 4) Keterampilan memberi penguatan, 5) Keterampilan memberikan variasi, 6) Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, 7) Keterampilan mengelola kelas, 8) Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan dasar mengajar, Guru kelas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfin Hijria Dewantari sdri
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:49
Last Modified: 14 Apr 2023 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18781

Actions (login required)

View Item View Item