PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SUB POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN STRATEGI CARD SORT DI KELAS V MI MA’ARIF NU PONJEN, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SARIFIANI, 1123305026 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SUB POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN STRATEGI CARD SORT DI KELAS V MI MA’ARIF NU PONJEN, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SARIFIANI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SUB POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN STRATEGI CARD SORT DI KELAS V MI MA’ARIF NU PONJEN, KARANGANYAR TH PEL 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar di kelas V Mi Ma’arif Nu Ponjen yang disebabkan karena pada proses pembelajaran IPS masih berpusat pada guru yang masih mengikuti kebiasaan dengan urutan yang dimulai guru dengan langsung memaparkan materi, selanjutnya mengevaluasi siswa melalui latihan. Tujuan yang diharapkan dalam peelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS sub pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan strategi card sort kelas V MI Ma’arif Nu Ponjen, Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada tindakan-tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS sub pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V MI Ma’arif NU Ponjen, Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penulis dalam dua siklus menghasilkan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I siswa yang tuntas hanya 8 atau 44,44 % menjadi 88,89 % atau 16 siswa yang tuntas pada siklus II dan peningkatan nilai rata-rata dari 59 pada siklus I menjadi 74 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS sub pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, Strategi Card sort
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Dec 2016 09:14
Last Modified: 09 Dec 2016 09:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item View Item