PENGARUH KONFORMITAS, KUALITAS INFORMASI, DAN SIKAP HEDONISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE (STUDI KASUS PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA BEKASI)

Laksmi, Ayu (2023) PENGARUH KONFORMITAS, KUALITAS INFORMASI, DAN SIKAP HEDONISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE (STUDI KASUS PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA BEKASI). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAKSMI AYU SEKAR PRATIWI_PENGARUH KONFORMITAS, KUALITAS INFORMASI, DAN SIKAP HEDONISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE (STUDI KASUS PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA BEKASI).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif pada pengguna e-commerce merupakan hal yang sering terjadi pada individu atau kelompok tertentu yang mana hal tersebut merupakan kegiatan yang dapat memuaskan rasa emosional dan hasrat validasi pada diri seseorang atau kelompok. Perilaku konsumtif ialah perilaku konsumen dipengaruhi oleh motif emosional seperti hal yang bersifat pribadi atau subyektif seperti harga diri, status, perasaan cinta dan lainnya. Sehingga konsumen tidak mempertimbangkan barang yang dibeli sesuai dengan dirinya atau tidak, sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan kualitas, kemampuan, dan standar yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konformitas, kualitas informasi, dan sikap hedonisme terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce aplikasi Shopee di Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini ialah masyarakat di Kota Bekasi yang ada dalam 5 kecamatan, yakni Bekasi Selatan, Medan Satrian, Jati Asih, Pondok Gede, dan Bekasi Barat. Metode yang digunakan adalah cluster random sampling dengan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konformitas secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, kualitas informasi secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, dan sikap hedonisme secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan secara simultan konformitas, kualitas informasi, dan sikap hedonisme terhadap perilaku konsumtif sebesar 55% . sedangkan sisanya sebesar 45% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini seperti konsep diri, lingkungan, dan literasi keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konformitas, Kualitas Informasi, dan Sikap Hedonisme
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Laksmi Ayu Sekar Pratiwi sdri
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:28
Last Modified: 14 Apr 2023 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18759

Actions (login required)

View Item View Item