ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS JATENG

Kris, Sutami (2023) ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS JATENG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KRIS SUTAMI_ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS JATENG.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Transportasi disebut juga sebagai urat nadi perekonomian di seluruh negara. Di kota-kota besar khususnya di Indonesia mempunyai salah satu moda transportasi darat yang sedang populer yang memiliki tujuan untuk mengatasi kemacetan di jalan yaitu Bus Rapid Transit (BRT). BRT ialah moda transportasi umum dengan memberikan pelayanan yang lebih cepat serta efisien dibandingkan dengan moda transportasi yang lain. BRT Trans Jateng ini membuka rute dari Terminal Bulupitu Purwokerto hingga Terminal Bukateja Purbalingga. Meskipun masih terbilang belum lama hadir, namun animo masyarakat menunjukkan respon yang positif dalam menggunakan moda transportasi tersebut. Di mana masyarakat sendiri pasti memiliki alasan untuk menggunakan BRT. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hal-hal apa saja yang menjadi pertimbangan masyarakat dalam menggunakan BRT Trans Jateng Koridor 1 Purwokerto-Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yakni reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan empat faktor. Faktor pertama yaitu faktor kebudayaan yang mana kelas sosial menjadi kelas yang paling tinggi sebagai preferensi penggunaan BRT, faktor sosial ialah faktor dimana kelompok referensi menjadi faktor menentu masyarakat dalam menggunakan BRT, faktor pribadi yang menentukan preferensi masyarakat dalam menggunakan BRT ialah pekerjaan dan gaya hidup, sedangkan faktor psikologis memiliki hasil motivasi sebagai nilai preferensi paling tinggi dimana motivasi tersebut karena adanya biaya dan tarif yang murah. Dari keempat faktor di atas, faktor psikologis berupa motivasi harga tiket yang murah dan kenyamanan serta kebersihan armada menjadi faktor yang paling menentukan preferensi masyarakat dalam menggunakan BRT Trans Jateng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Preferensi Masyarakat, Jasa Transportasi, Bus Rapid Transit (BRT)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kris Sutami sdri
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:27
Last Modified: 14 Apr 2023 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18758

Actions (login required)

View Item View Item