TRADISI MEMUNGUT UANG LOGAM DITINJAU DARI PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KASUS DI JALAN RAYA KRUMPUT BANYUMAS)

Mia, Emayanti (2023) TRADISI MEMUNGUT UANG LOGAM DITINJAU DARI PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KASUS DI JALAN RAYA KRUMPUT BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mia Emayanti_Tradisi Memungut Uang Logam Ditinjau Dari Pendidikan Akhlak (Studi Kasus di Jalan Raya Krumput Banyumas).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari rasa keingintahuan peneliti terhadap fenomena tradisi memungut uang logam yang terjadi di Jalan Raya Krumput, Kabupaten Banyumas. Keberadaan orang yang memungut uang logam di ruas jalan tersebut menimbulkan banyak pertanyaan, dikarenakan sudah berlangsung lama. Apakah sudah ada penanggulangan yang dilakukan oleh pemerintah, dan bagaimana melakukan penanggulangan tersebut, serta hasil yang didapatkan setelah melakukan langkah-langkah penanggulangan tersebut. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai tradisi memungut uang logam di ruas jalan Krumput Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemungutan uang logam berawal dari mitos yang tidak diketahui kebenarannya dan berkembang di masyarakat, yang kemudian membentuk perilaku pemungutan uang logam dengan didasarkan rasa malas bekerja bukan karena alasan ketidakmampuan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi, memungut uang logam, pendidikan akhlak.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mia Emayanti sdri
Date Deposited: 15 Apr 2023 03:33
Last Modified: 15 Apr 2023 03:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18703

Actions (login required)

View Item View Item