IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENGHAFAL HADIST DI BA 'AISYIYAH SANGKANAYU, PURBALINGGA

Ginanda, Putri (2023) IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENGHAFAL HADIST DI BA 'AISYIYAH SANGKANAYU, PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ginanda Septiana Putri_Implementasi Metode Bernyanyi dalam Menghafal Hadist di BA 'Aisyiyah Sangkanayu. Purbalingga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Metode Bernyanyi merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair yang dilagukan. Metode bernyanyi menjadi metode yang primadona karena sangat efektif digunakan sebagai sarana menyampaikan materi pembelajaran bagi anak usia dini. Penggunaan metode bernyanyi sebagai bagian dari proses belajar dapat memberikan suatu perubahan yang mulanya jemu menjadi hal yang mengembirakan. Metode bernyanyi ini juga sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran Hadist pada anak usia dini. Belajar menghafal hadist bertujuan untuk membuat anak mencintai Hadis-hadis Rasulullah dengan menghafalkannya dan senantiasa berperilaku sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah. Serta agar anak lebih memahami arti penting dari menghafal Hadis dan siswa dapat terampil dalam menghafal Hadis yang sudah ditargetkan, tidak hanya hafal diluar kepala saja, tetapi dapat mengamalkan isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mana dalam mengumpulkan datanya langsung datang ke lokasi penelitian. Lokasi yang diambil yaitu di BA ‘Aisyiyah Sangkanayu. Adapun pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digali yaitu kepala sekolah, guru kelompok B2 dan Peserta didik. Hasil penelitian tersebut dapat dijabarkan bahwa pembelajaran Hadist menggunakan metode bernyanyi memudahkan setiap anak-anak terutama Anak Usia Dini. Menurut peneliti di BA tersebut telah terbukti dengan adanya beberapa sekian siswa yang mampu memahami pembelajaran Hadist serta mampu mengingat hal yang berkaitan dengan pembelajaran Hadist.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Menghafal Hadist, Anak Usia Dini
Subjects: 2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.6 Cerita-Cerita Hadits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ginanda Septiana Putri sdri
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:00
Last Modified: 12 Apr 2023 07:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18702

Actions (login required)

View Item View Item