MANAJEMEN PROGRAM PEMBUDAYAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 BATURRADEN

Nuning, Yogi Priyanti (2023) MANAJEMEN PROGRAM PEMBUDAYAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 BATURRADEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nuning Yogi Priyanti_Manajemen Program Pembudayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Bagi Peserta Didik di SMP Negeri 2 Baturraden.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan suatu proses yang khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi terhadap program dan kegiatan yang ada di sekolah, yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Oleh karena itu menjadi sebuah kewajiban bagi setiap lembaga pendidikan untuk menciptakan pendidikan yang mempunyai inovasi pada program pembelajaran yang menyenangkan, sehingga mampu menciptakan peserta didik yang dapat mengembangkan kemampuan, memahami, dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Program PHBS di sekolah merupakan kegiatan memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Manajemen Program Pembudayaan PHBS bagi Peserta Didik di SMP Negeri 2 Baturraden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Ketua Tim PHBS/Adiwiyata, Guru dan Siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Program Pembudayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi Peserta Didik di SMP Negeri 2 Baturraden yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi telah berjalan sesuai dengan semestinya. Dalam proses perencanaan melalui tahapan merencanakan kegiatan apa saja yang dilaksanakan, pengorganisasian adanya kerja sama antara instansi-instansi yang ada di Kabupaten Banyumas dan guru pendamping, pelaksanaan program sudah sesuai dengan yang telah direncanakan oleh tim adiwiyata, pengawasan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung, dan evaluasi dilakukan secara langsung pada saat siswa melakukan aktivitas pembelajaran di luar kelas maupun secara tidak langsung yakni guru pembimbing membuat dan menyampaikan laporan dalam rapat pekanan, serta evaluasi untuk semua program dilaksanakan setelah akhir semester, baik semester satu maupun semester dua yang seluruhnya mencakup hasil kegiatan program di sekolah dan perkembangan anak. Kata Kunci: Manajemen, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, SMP Negeri 2 Baturraden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, SMP Negeri 2 Baturraden.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nuning Yogi Priyanti
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:09
Last Modified: 12 Apr 2023 06:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18684

Actions (login required)

View Item View Item