KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MI TARBIYATUL AULAD SIBALUNG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

FIKI, FAROCHATUZ ZAKIYYAH (2023) KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MI TARBIYATUL AULAD SIBALUNG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FIKI FAROCHATUZ ZAKIYYAH_KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MI TARBIYATUL AULAD SIBALUNG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik adalah bentuk materi pembelajaran yang memanfaatkan tema dan menghubungkan berbagai macam materi pelajaran secara bersamaan. Siswa dapat mengkomunikasikan ilmu pengetahuan yang sedang dipelajari dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan berbicaranya, dengan menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Peneliti mendapatkan hasil informasi dalam melakukan penelitian di kelas II MI Tarbiyatul Aulad Sibalung bahwasanya guru menerapkan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Siswa diwajibkan untuk aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Metode pembelajaran juga diterapkan dalam proses kegiatan pembelajaran tematik untuk mengembangkan keterampilan berbicara. Fokus peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik kelas II di MI Tarbiyatul Aulad Sibalung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa sudah dapat melakukan keterampilan berbicara dengan melafalkan kata dan kalimat dengan baik, siswa mampu menggunakan suara, tempo, dan jeda yang sesuai dengan isi, siswa dapat memberikan inti topik pembicaraan secara jelas dan runtut, ketepatan siswa dengan sasaran pembicaraan, dan ketepatan siswa dalam menggunakan kalimat dan tata bahasa dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan antusias dan semangat siswa pada saat siswa mengikuti proses pembelajaran dan siswa melakukan praktik berdialog secara berpasangan di depan kelas berisikan materi yang ada di dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Tematik, MI Tarbiyatul Aulad
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fiki Farochatuz Zakiyyah sdri
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:48
Last Modified: 10 Apr 2023 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18620

Actions (login required)

View Item View Item