PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 KARANGCEGAK KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

RUSTINAH, 1123304118 (2014) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 KARANGCEGAK KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
Rustinah_PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa bahwa guru PAI SD Negeri 2 Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga dalam menyampaikan pembelajaran PAI menggunakan beberapa metode antara lain metode ceramah, keteladanan, pemberian tugas, diskusi, dan pembiasaan. Seberapa jauh tingkat keberhasilan penggunaan beberapa metode yang diterapkan terhadap pembelajaran peserta didik SD Negeri 2 Karangcegak pada mata pelajaran PAI tersebut. Persoalan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah : Guru PAI SDN 2 Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga, sebagai pelaksana program pembelajaran PAI, peserta didik sebagai peserta didik yang menerima proses pembelajaran PAI, dan Kepala SDN 2 Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Data diperoleh dari hasil wawancara secara mendalam pada subyek penelitian dan observasi di lapangan pada proses pembelajaran di kelas serta memperhatikan dengan dokumen-dokumen sekolah dan dokumen pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PAI. Data kemudian dianalisis dengan mereduksi dan mengklasifikasi data yang setiap analisis dinarasikan secara dekriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian.Pada proses pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru PAI SD Negeri 2 Karangcegak belum sepenuhnya sesuai dengan rumusan RPP yang telah disusun. Metode yang digunakan sebagian besar menggunakan metode ceramah yang difariasi dengan tanya jawab serta penugasan. Kata kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Dec 2016 02:10
Last Modified: 14 Dec 2016 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item