IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN TEGAL NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN BANTUAN HUKUM BAGI MASYARAKAT MISKIN PERSPEKTIF ASAS ACCES TO JUSTICE DALAM ISLAM

Nur Sukma, Karinda (2023) IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN TEGAL NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN BANTUAN HUKUM BAGI MASYARAKAT MISKIN PERSPEKTIF ASAS ACCES TO JUSTICE DALAM ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
(1) NUR SUKMA KARINDA_IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN TEGAL NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN BANTUAN HUKUM BAGI MASYARAKAT MISKIN PERSPEKTIF ASAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin di Kabupaten Tegal merupakan program Pemerintah Daerah untuk mensejahterakan masyarakat miskin yang sedang mengalami permasalahan hukum agar memperoleh acces to justice untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengingat Kabupaten Tegal Purbalingga memiliki problematika kesejahteraan sosial penduduk yang belum sepenuhnya teratasi. Sehubung dengan hal tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pemerintah dan masyarakat dalam merealisasikan program bantuan hukum bagi masyarakat miskin dengan menggunakan prespektif acces to justice dalam Islam sebagai pandangan analisis. Penelitian ini merupkan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris dan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program bantuan hukum bagi masyarakat miskin sudah terealisasikan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 5 Tahun 2020. Hal ini berdasarkan hasil penelitian bahwa masyarakat miskn yang sedang mengalami permasalahan hukum merasa terbantu dengan adanya program bantuan hukum bagi masyarakat miskin sehingga pelaksanaan implementasi program ini berjalan dengan baik dan bermanfaat bagii masyarakat miskin. Kemudian kesejahteraan dan keadilan yang terkandung pada program ini telah dirasakan oleh masyarakat penerima di Kabupaten Tegal sesuai dengan teori acces to justice dalam Islam yang mengandung arti bahwa semua orang berhak mendapat bantuan hukum tanpa memandang ras, kepercayaan, jenis kelamin, status sosial, status ekonomi dan lain sebagainya. Kata Kunci: Peraturan Daerah, Program Bantuan Hukum, Acces To Justice.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Daerah, Program Bantuan Hukum, Acces To Justice
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Sdri Nur Sukma Karinda
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:39
Last Modified: 10 Apr 2023 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18613

Actions (login required)

View Item View Item