MOTIVASI BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID- SECARA DARING SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU TRITIH KULON CILACAP UTARA

Aldian Anugrah, Ramadhani (2023) MOTIVASI BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID- SECARA DARING SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU TRITIH KULON CILACAP UTARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aldian Anugrah Ramadhani 1817405047 ''Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Secara Daring Siswa Kelas IV Di MI Ma'arif NU 01 Tritih Kulon Cilacap Utara''.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa Pandemi Covid- di MI Ma‟arif NU Tritih Kulon Cilacap Utara. Motivasi belajar siswa sangat diperlukan selama pembelajaran daring di masa pandemi covid- . Motivasi dapat ditingkatkan menggunakan model attention, relevance, convedence, dan satisfaction. Penelitian ini mengambil Dua Belas informan dari informan guru, orang tua, dan siswa MI Ma‟arif NU Tritih Kulon Cilacap Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Ustadzah Wida Nurul Azizah selaku guru dalam mendampingi proses penelitian di MI Ma‟arif NU Tritih Kulon. Kemudian analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring di masa pandemi covid- di MI Ma‟arif NU Tritih Kulon, Cilacap Utara, bahwa Motivasi Belajar Siswa berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan motivasi, masih perlu ditingkatkan diantaranya dengan cara: ) Perhatian dalam hal ini guru perlu meningkatkan kembali perhatian siswa selama mengikuti pembelajaran daring. ) Relevansi dalam hal ini guru dapat menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran daring. ) Percaya diri dalam hal ini guru dapat memberikan masukan yang sesuai kepada siswa selama pembelajaran daring. ) Kepuasan dalam hal ini guru dapat memberikan reward kepada siswa yang dapat menyelesaikan atau mencapai suatu keberhasilan selama pembelajaran daring. Kata Kunci: Motivasi Belajar LEARNING MOTIVATION IN THE COVID- PANDEMIC ONLINE FOR CLASS IV STUDENTS AT MI MA'ARIF NU TRITIH KULON CILACAP UTARA Aldian Anugrah Ramadhani ABSTRACT This research is research that aims to determine students' learning motivation in online learning during the Covid- Pandemic at MI Ma'arif NU Tritih Kulon Cilacap Utara. Student motivation is very much needed during online learning during the Covid- pandemic. Motivation can be increased using attention, relevance, commitment, and satisfaction models. This study took twelve informants from teacher informants, parents, and students at MI Ma'arif NU Tritih Kulon Cilacap Utara. This type of research is field research and uses a qualitative descriptive approach. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The subject of this study was Ustadzah Wida Nurul Azizah as a teacher in accompanying the research process at MI Ma'arif NU Tritih Kulon. Then the data analysis uses the Milles and Huberman model which includes data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study show that student learning motivation during online learning during the covid- pandemic at MI Ma'arif NU Tritih Kulon, Cilacap Utara, that student learning motivation based on the results of this study shows student learning motivation using the ARCS model motivation, still needs to be improved including by: ) Attention, in this case the teacher needs to increase students' attention while participating in online learning. ) Relevance, in this case the teacher can use various online learning strategies. ) Confidence in this case the teacher can provide appropriate input to students during online learning. ) Satisfaction, in this case the teacher can give rewards to students who can complete or achieve success during online learning. Keywords: Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aldian Anugrah Ramadhani sdri
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:17
Last Modified: 10 Apr 2023 04:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18580

Actions (login required)

View Item View Item