PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI NEGERI KRANGEAN KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

LAELA LATIFAH, 1123305028 (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI NEGERI KRANGEAN KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
LAELA LATIFAH_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI KRANGEAN KERTANEGARA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPA di kelas II A MI Negeri Krangean yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan dapat melibatkan semua peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan adanya penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPA di kelas II A MI Negeri Krangean, 85% siswa sudah mampu mencapai KKM yaitu 75 untuk mata pelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPA di MI Negeri Krangean tahun pelajaran 2014/2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPA kelas II A di MI Negeri Krangean kecamatan Kertanegara kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2014/2015. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai wacana bagi mahasiswa IAIN Purwokerto atau bagi siapa saja yang membacanya serta dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tentang penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPA di MI Negeri Krangean diperoleh hasil bahwa guru kelas II A di MI Negeri Krangean telah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif yang secara umum langkah-langkah pembelajarannya meliputi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta telah menggunakan berbagai macam tipe strategi pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPA. Diantaranya adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe make a match, tipe two stay two stray, tipe TGT dan tipe berkirim salam dan soal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Dec 2016 08:47
Last Modified: 08 Dec 2016 08:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item