LITERASI ZAKAT PERTANIAN MASYARAKAT MUSLIM DESA KEMIRI KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Nurul, Khanifah (2023) LITERASI ZAKAT PERTANIAN MASYARAKAT MUSLIM DESA KEMIRI KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
1. Revisi skripsi_Nurul Khanifah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam, apabila telah mencapai nishob. Zakat pertanian merupakan tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian seperti padi maka wajib dikeluarkan apabila telah mencapai nishob yaitu 653 kg gabah kering. Dan untuk takaran zakatnya yaitu 10% untuk lahan yang diairi air hujan dan 5% untuk lahan sawah yang diairi pengairan irigasi. Literasi zakat dimaknai sebagai kemampuan seseorang dalam membaca, memahami, menghitung dan mengakses informasi tentang zakat yang memudahkan pembayaran manfaat zakat. Literasi zakat merupakan alat ukur yang pertama di dunia bertujuan sebagai menilai pemahaman dan literasi masyarakat terhadap segala macam aspek yang berhubungan dengan zakat dalam tingkat nasional ataupun regional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran berzakat pertanian pada masyarakat Muslim dan meningkatkan literasi zakat agar berkembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif pada saat kegiatan dilakukan kajian data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berasal dari catatan lapangan, dokumentasi dan lain-lain yang diperoleh dari intervensi di tempat. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan terkait literasi zakat yang ada di desa Kemiri masih kurang, karena kurangnya sosialisasi terhadap penerapan zakat yang baik dan benar, maka perlu diadakannya upaya untuk meningkatkan tingkat kesadaran masyarakatnya terhadap zakat itu sendiri. Masyarakat mengetahui adanya zakat pertanian melalui acara pengajian dan dari ustadz yang ada di desa tersebut. Kata Kunci: Zakat, Literasi Zakat, Kesadaran Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Zakat, Literasi Zakat, Kesadaran Masyarakat
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.143 Zakat Pendapatan (Profesi, Pertanian, Perikanan, Rikaz dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Nurul Khanifah sdri
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:44
Last Modified: 04 Apr 2023 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18561

Actions (login required)

View Item View Item