EFEKTIVITAS PROGRAM PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN ZAKAT PROFESI DI UPZ KORWIL BIDIKCAM (UNIT PENGUMPUL ZAKAT KOORDINATOR WILAYAH BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN CIMANGGU) KABUPATEN CILACAP

NUR, KHOLILAH (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN ZAKAT PROFESI DI UPZ KORWIL BIDIKCAM (UNIT PENGUMPUL ZAKAT KOORDINATOR WILAYAH BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN CIMANGGU) KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nur Kholilah_1817204031_MAZAWA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zakat mencerminkan nilai spiritual yaitu nilai amal terhadap sesama manusia bahkan memiliki makna luas dalam beberapa aspek kehidupan sosial. Efektivitas program penghimpunan dan penyaluran zakat profesi di UPZ KORWIL BIDIKCAM Kabupaten Cilacap merupakan instasi yang menghimpun zakat profesi yang masuk 10 besar sekabupaten Cilacap dan penyaluran zakat profesi sudah efektif dan disalurkan sesuai program yang diberikan oleh BAZNAS Kabupaten Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program penghimpunan dan program penyaluran zakat profesi di UPZ KORWIL BIDIKCAM Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas yang dilakukan oleh UPZ KORWIL BIDIKCAM Kabupaten Cilacap telah efektif dapat dilihat dari efektivitas penghimpunan dan penyaluran yang dilakukan. Untuk efektivitas penghimpunannya sudah sesuai target dari BAZNAS Kabupaten Cilacap selain target yang telah tercapai, UPZ KORWIL BIDIKCAM Kabupaten Cilacap telah mencapai peringkat ke 9 dalam penghimpunan zakat profesi dan infak/shodaqoh. Sedangkan efektivitas penyaluran nya sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan program BAZNAS Kabupaten Cilacap.Penyaluran tersebut yaitu Cilacap Cerdas, Cilacap Makmur, Cilacap Takwa, dan Cilacap Peduli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, program penghimpunan, Program penyaluran, Zakat Profesi, UPZ
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Nur Kholilah
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:55
Last Modified: 05 Apr 2023 06:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18551

Actions (login required)

View Item View Item