TRADISI PEMBACAAN SURAH AL-‘AṢR DALAM MENGAKHIRI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SDN SILADO DAN MTSN 3 BANYUMAS (Study Living Qur’an di Desa Silado)

Inayatul, Wachidah (2023) TRADISI PEMBACAAN SURAH AL-‘AṢR DALAM MENGAKHIRI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SDN SILADO DAN MTSN 3 BANYUMAS (Study Living Qur’an di Desa Silado). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Inayatul Wachidah_Skripsi .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sejarah pembacaan surah Al-‘Aṣr dalam mengakhiri kegiatan belajar mengajar dan makna dari praktik pembacaan surah Al-‘Aṣr dalam mengakhiri kegiatan belajar mengajar di SDN Silado dan MTSN 3 Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah kegiatan belajar mengajar dan proses pelaksanaan praktik pembacaan surah Al-‘Aṣr serta menjelaskan makna surah Al-‘Aṣr dalam mengakhiri kegiatan belajar mengajar di SDN Silado dan MTSN 3 Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber primer dari penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru, murid yang mempraktikkan tradisi pembacaan surah Al-‘Aṣr ini. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis melalui dua tahap yaitu: pertama melalui reduksi, display, dan verifikasi data. Kemudian tahap kedua data dianalisis menggunakan teori resepsi Hans Robert Jauss yang dapat dijelaskan resepsi dari pembacaan surah Al-‘Aṣr dalam tradisi mengakhiri kegiatan belajar mengajar. Dari penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1. Sejarah pembacaan surah Al-‘Aṣr di MTSN 3 Banyumas dan SDN Silado dilakukan karena mengikuti para pendahulu, untuk yang mempelopori surah Al-‘Aṣr dijadikan sebagai pembacaan di akhir kegiatan belajar mengajar belum diketahui sampai saat ini, di sekolah tersebut hanya mengikuti tradisi yang sudah ada sejak para pendahulu. 2. Makna pembacaan surah Al-‘Aṣr dalam tradisi mengakhiri kegiatan belajar mengajar di SDN Silado dan MTSN 3 Banyumas adalah sebagai: a. Untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, b. Untuk mengingatkan pentingnya waktu dan c. Sebagai wasilah permohonan kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Surah Al-Asr, Belajar Mengajar, dan Resepsi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Inayatul Wachidah sdri
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:53
Last Modified: 05 Apr 2023 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18550

Actions (login required)

View Item View Item