PESAN DAKWAH DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL AKUN INSTAGRAM @ISLAMPOSCOM

Muhammad Abdurrauf, Nasrullah (2023) PESAN DAKWAH DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL AKUN INSTAGRAM @ISLAMPOSCOM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD ABDURRAUF NASRULLAH_PESAN DAKWAH DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL AKUN INSTAGRAM @ISLAMPOSCOM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdakwah di era digital menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi umat Islam yang hidup sebagai generasi milenial saat ini. Dengan kreativitas yang dimiliki, disalurkan melalui penggunaan teknlogi media yang ada membuat seorang da’i menjadi lebih terpacu untuk mengembangkan dakwah yang dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Dakwah melalui poster digital menjadi salah satu alternatif bagi generasi muda yang aktif berinteraksi di media sosial internet, salah satunya media sosial Instagram. Tentu poster digital yang dibuat mengandung sebuah pesan dakwah yang dikemas dengan desain yang menarik dipadukan dengan ilustrasi dan pewarnaan yang sesuai. Lalu, apakah pesan dakwah yang dipadukan dengan ilustrasi dan pewarnaan tersebut memiliki makna tersendiri? Tentunya pesan dakwah yang sudah dikemas dengan desain grafis tersebut membentuk sebuah makna yang dalam jika diamati dengan seksama. Bentuk penyampaian poster digital tersebut termasuk pada jenis komunikasi visual. Didalam komunikasi tersebut banyak digunakan kombinasi seni, desain grafis, ilustrasi, dan warna yang penuh keindahan/ estetik. Salah satu media digital yang memanfaatkan poster digital sebagai media dakwah di Instagram yaitu Islampos. Islampos memanfaatkan sosial media Instagram untuk berdakwah dengan muatan konten yang sederhana. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan diulas secara mendalam mengenai makna gambar yang berkaitan dengan pesan dakwah dalam poster menggunakan analisis Teori Semiotika Charles Shanders Pierce serta menggunakan jenis penelitian kualitatif interpretatif dengan dibantu studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah setiap tanda visual yang ada berupa ilustrasi, warna, dan tipografi yang dimunculkan memiliki makna sesuai dengan konteks yang melatarbelakangi pesan yang disampaikan. Dalam setiap poster menginterpretasikan makna himbauan dan anjuran untuk melakukan kebaikan dan menjauhi kemungkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Visual, Dakwah, Semiotika Charles Sanders Pierce
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Abdurrauf Nasrullah
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:40
Last Modified: 05 Apr 2023 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18541

Actions (login required)

View Item View Item