PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI TK‟AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PEJOGOL KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Rina Rahayu Puji Astuti, 102338015 (2015) PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI TK‟AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PEJOGOL KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
RINA RAHAYU PUJI ASTUTI_PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI TK „AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PEJOGOL CILONGOK BMS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk menciptakan generasi berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak usia dini karena pada usia dini ini anak sangat mudah meniru, sehingga sangat rentan dan labil maka diperlukan adanya pondasi nilai agama dan moral yang bisa dijadikan pedoman agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi muslim yang baik. Dalam suatu pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan yang diharapkan maka diperlukan adanya perencanaan dalam proses pembelajaran yang optimal sehingga dapat dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh anak usia dini. Pembelajaran nilai agama dan moral, dalam pelaksanaannya menuntut pada terwujudnya, terjalinnya kerjasama antar penanggungjawab pendidikan, baik penentu kebijakan pendidikan maupun pelaksana teknis dilapangan, untuk menyukseskan tujuan pokoknya. Dalam realita pelaksanaan dilapangan kegiatan pembelajaran nilai agama dan moral masih banyak permasalahan terkait pencapaian tujuan pembelajaran nilai agama dan moral tersebut, diantaranya belum efektifnya semua faktor pembelajaran. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah” Bagaimana pembelajaran nilai agama dan moral di TK‟Aisyiyah Bustanul Athfal Pejogol Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas?” Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang proses pembelajaran nilai agama dan moral, mengetahui faktor pendukung serta penghambat pembelajaran nilai agama dan moraldi TK‟Aisyiyah Bustnul Athfal Pejogol Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseacrh), penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini, subjek penelitiannya adalah pendidik, dan kepala TK‟Aisyiyah Bustanul Athfal Pejogol Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Sedangkan metode pengumpulan datanya, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran nilai agama dan moral di TK‟Aisyiyah Bustanul Athfal Pejogol dimulai dengan membuat perencanaan. Pelaksanaan pembelajaran nilai agama dan moral diawali dengan salam, basmallah, doa harian, absensi, selanjutnya tanya jawab, dan appersepsi. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir (penutup). Adapun metode yang digunakan adalah ceramah klasikal, tanya jawab, bernyanyi, bercerita, pembiasaan. Media pembelajaran berupa gambar. Evaluasi pembelajaran nilai agama dan moral dengan menggunakan tes lisan, tertulis dan perilaku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Nilai Agama dan Moral, Faktor Pembelajaran, Perencanaan dan Evaluasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Dec 2016 08:34
Last Modified: 08 Dec 2016 08:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item