PENGARUH HARGA EMAS DAN MARKETING MIX TERHADAP TINGKAT PERMINTAAN INVESTASI PRODUK TABUNGAN EMAS DI PT.PEGADAIAN SYARIAH (STUDI KASUS PT.PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO)

Linda, Maghdalena (2023) PENGARUH HARGA EMAS DAN MARKETING MIX TERHADAP TINGKAT PERMINTAAN INVESTASI PRODUK TABUNGAN EMAS DI PT.PEGADAIAN SYARIAH (STUDI KASUS PT.PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LINDA MAGHDALENA_PENGARUH HARGA EMAS DAN MARKETING MIX TERHADAP TINGKAT PERMINTAAN INVESTASI PRODUK TABUNGAN EMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tabungan Emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan sebagai salah satu alternatif investasi dengan harga yang terjangkau. Tinggi rendahnya permintaan investasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang muncul dari dalam diri nasabah maupun faktor yang timbul dari lingkungan nasabah. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji seberapa besar pengaruh harga emas dan marketing mix terhadap tingkat permintaan investasi produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan fokus permasalahan yang akan dikaji peneliti, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel independen, yaitu harga emas dan marketing mix. Sedangkan untuk variabel dependen yaitu permintaan investasi. Sampel penelitian ini sebanyak 105 responden dengan metode incidental sampling dan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, regresi linier berganda, dan melakukan uji asumsi klasik meliputi : uji normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinieritas dengan menggunakan IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga emas dan marketing mix dari uji t memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang artinya terdapat pengaruh positif signifikan secara parsial antara harga emas dan marketing mix terhadap permintaan investasi produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto. Kemudian, pada hasil uji F secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara harga emas dan marketing mix terhadap permintaan investasi produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga Emas, Marketing Mix,Tabungan Emas
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 506 Organizations and management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Linda Maghdalena
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:16
Last Modified: 28 Mar 2023 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item