MANAJEMEN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI TK MUSLIMAT NU MASYITHOH 25 DESA SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

TASYA FARAH, FADILLAH (2023) MANAJEMEN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI TK MUSLIMAT NU MASYITHOH 25 DESA SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Skripsi revisi sidang tasya fiix(1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Seringkali manajemen terhadap alat permainan edukatif diabaikan dan kurang dipedulikan padahal adanya manajemen alat permainan edukatif sangat diperlukan terhadap alat bermain anak dan kegiatan pembelajaran. Supaya tidak adanya alat permainan edukatif yang hilang, rusak maupun alat permainan edukatif yang tidak layak pakai. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menjelaskan manajemen alat permainan edukatif di TK Muslimat NU Masyithoh 25 Kecamatan Sokaraja dan optimalisasi manajemen alat permainan edukatif dalam mutu pembelajaran. Alat permainan edukatif merupakan bagian dari fasilitas penting untuk segala aspek perkembangan anak usia dini. Oleh sebab itu, dibutuhkannya pengelolaan yang baik dari pihak sekolah untuk merawatnya dengan baik agar alat permainan edukatif ini bisa tertata lebih baik. Pihak sekolah berperan penting dalam pengelolaan sarana prasarana berupa alat permainan edukatif. Jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang terjun langsung ke lokasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian, Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek yang dikaji mengenai manajemen alat permainan edukatif di TK Masyithoh 25 Kecamatan Sokaraja. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai implementasi manajemen alat permainan edukatif di TK Masyithoh 25 Kecamatan Sokaraja adalah penerapan manajemen di TK Masyithoh 25 yaitu adanya perencanaan, pengadaan, pengorganisasian, penginventarisasian, penghapusan, pemeliharaan, pengawasan dan pengevaluasian terhadap manajemen alat permainan edukatif. Pengoptimalisasian alat permainan edukatif terhadap mutu pembelajaran di TK Masyithoh 25 Sokaraja ada 4 upaya dalam, yaitu: 1) Pengadaan alat permainan edukatif; 2) Berkerjasama dengan guru; 3) Pemantauan dan evaluasi pembelajaran; 4) Pembuatan alat permainan edukatif sendiri. Manfaat alat permainan edukatif terhadap mutu pembelajaran, yaitu: 1) Antusiasme anak dalam menyelesaikan semua kegiatan pada saat pembelajaran; 2) Meningkatkan imajinasi dan kreatifitas anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif, Manajemen, Optimalisasi Mutu Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: TASYA FARAH FADILLAH sdri
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:17
Last Modified: 27 Feb 2023 03:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18423

Actions (login required)

View Item View Item