IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SQUARE DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTS MA'ARIF NU 01 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

RINI, AVIANI (2023) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SQUARE DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTS MA'ARIF NU 01 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RINI AVIANI_1817402248 (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rendahnya kualitas pendidikan sangat berhubungan dengan rendahnya kemampuan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang bermutu dan bermakna, sehingga hasil belajar yang dicapai tidak mencapai target tujuan pembelajaran. Dalam hal ini guru dituntut agar dapat menerapkan model pembelajaran efektif yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar. Skripsi ini membahas tentang implementasi model cooperative learning tipe Think Pair Square dalam pembelajaran Fikih di MTs Ma’arif NU 01 Kedungbanteng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan tipe Think Pair Square dalam pembelajaran Fikih di MTs Ma’arif NU 01 Kedungbanteng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) pendekatan deskriptif kualitatif dengan tipe pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan tipe Think Pair Square dalam pembelajaran Fikih di MTs Ma’arif NU 01 Kedungbanteng, dilakukan melalui empat tahapan yaitu : pertama, tahap pendahuluan dengan cara guru membagi kelompok beranggotakan empat orang secara heterogen. Kedua, tahap think (berpikir sendiri). Peserta didik diberikan waktu untuk memikirkan dan mengerjakan soal yang diberikan guru secara individu dalam kelompoknya. Ketiga, tahap pair (berpasangan). Setelah berpikir sendiri peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan jawaban secara berpasangan. Keempat, tahap square (berempat). Pada tahap ini kedua pasangan mendiskusikan jawaban untuk menentukan kesepakatan jawaban kelompok sebagai hasil diskusi dan siap untuk dipresentasikan. Pada pelaksanaannya terdapat beberapa kendala diantaranya kurangnya rasa percaya diri peserta didik dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Adapun solusi yang dilakukan yaitu dengan cara memberikan motivasi kepada peserta didik, memberikan topik permasalahan berbeda, dan memberikan reward bagi peserta didik. Kata Kunci : Implementasi, Cooperative Learning, Think Pair Square, Pembelajaran Fikih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Cooperative Learning, Think Pair Square, Pembelajaran Fikih
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rini Aviani sdri
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:36
Last Modified: 15 Feb 2023 08:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item View Item