Konsep Pengembangan Pendidikan melalui Pendekatan Humanistik Menurut Edi Sutarto dalam Buku Sekolah Cinta

Lina, Afifah (2023) Konsep Pengembangan Pendidikan melalui Pendekatan Humanistik Menurut Edi Sutarto dalam Buku Sekolah Cinta. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Lina Auliyatul Afifah_Konsep Pengembangan Pendidikan melalui Pendekatan Humanistik Menurut Edi Sutarto dalam Buku Sekolah Cinta.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak lina auliyatul afifah.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Globalisasi muncul di Indonesia menjadi masalah baru dalam dunia pendidikan mengakibatkan pergesekan norma dan budaya, sehingga terjadi asimilasi dan akulturasipudarnya norma-norma, tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan, dan lunturnya jatidiri bangsa.faktor kemerosotan moral pada anak kemajuan teknologi seperti internet dimana anak-anak dan remaja mudah mengaksesnya, sifat keingintahuan remaja, pola asuh orang tua dan wilayah pendidikan yaitu lembaga pendidikan formal “Sekolah”. Sekolah sebagai tempat berlangsungnya pendidikan dimana peran kepala sekolah dan guru berperan aktif dalam terwujudnya pendidikan sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana konsep pengembangan pendidikan melalui pendekatan humanistik dalam buku Sekolah Cinta. Analisis dalam penelitian ini fokus pada dinamika hubungan fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan Penelitian kajian kepustakaan (library research) juga pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, tentang konsep pengembangan pendidikan dengan pendekatan humanistik dalam buku Sekolah Cinta, menunjukan bahwa konsep sekolah yang ditawarkan oleh Edi Sutarto yaitu semuanya bermula dari pemimpin, konsep gerak perubahan yaitu unfreezing-moving-freezing, dengan menggunakan manajemen see-do-get. Manajemen ini dilakukan dari kepala sekolah, guru, kemudian siswa, untuk menumbuhkan kekuatan siswa melalui layanan guru yang didesain oleh pemimpinnya. Hal tersebut mengubah mindset dengan pendekatan see-do-get, untuk membangun karakter guru sehingga guru melakukan pekerjaannya sudah tanpa perintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pengembangan, Pendekatan Humanistik, Buku Sekolah Cinta
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lina auliyatul afifah sdr
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:32
Last Modified: 03 Feb 2023 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18360

Actions (login required)

View Item View Item