PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-ASY’ARIYYAH ANAK-ANAK KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

AULIA ZULFAH AZIZ, 1123301051 (2015) PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-ASY’ARIYYAH ANAK-ANAK KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AULIA ZULFAH AZIZ_PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-ASY’ARIYYAH ANAK-ANAK KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Akhlak menempati posisi sangat penting dalam islam, karena kesempurnaan seseorang tergantung kepada kebaikan dan kemuliaan akhlaknya, terutama dalam pendidikan akhlak pada anak. Dimana anak-anak sangat perlu bimbingan dan motivasi penuh dalam membentuk akhlak mereka, agar mereka tidak menjadi anak-anak yang lemah iman dan supaya tumbuh menjadi generasi yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan akhlak bagi anak di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Al-Asy‟ariyyah dan hasil dari pendidikan akhlak bagi anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field Research) dan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Al-Asy‟ariyyah Anakanak Desa Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Subjek dalam penelitian ini yaitu Wakil ketua Asrama Pondok Pesantren, Pembina, dan santri, sedangkan objek dari penelitian ini adalah pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Al-Asy‟ariyyah Anak-anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan wawancara untuk menggali dan menghayati lebih dalam subjek dan objek penelitian secara langsung. Penelitian ini juga menggunakan teknik dokumentasi untuk melengkapi data-data tentang objek penelitian. Proses analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan setelah proses pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Al-Asy‟ariyyah Anak-anak dilakukan melalui berbagai kegiatan yaitu 1) materi yang diajarkan yang berkaitan dengan pendidikan akhlak yaitu menggunakan kitab Akhlakul Banin, terkait ketauhidan menggunakan kitab „aqidatul awam,terkait metode membaca Al-Qur‟an menggunakan kitab Yanbu‟a, dan terkait dengan adab menuntut ilmu menggunakan kitab Alala. 2) usaha-usaha yang dilaksanakan dalam pembentukan akhlak yaitu dengan pendidikan di dalam asrama dan di luar asrama. 3) metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak yaitu dengan menggunakan metode hiwar (dialog), metode kisah, metode keteladanan, metode kebiasaan, metode ibrah dan mau‟idzah (pelajaran dan nasehat),metode tarhib dan targhib (ganjaran dan hukuman). Pembiasaan Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Al-Asy‟ariyyah Anak-anak dapat dikatakan berhasil hal ini dapat dibuktikan dengan kebiasaan dan perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al- Asy’ariyyah Anak-anak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:00
Last Modified: 07 Dec 2016 07:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item View Item