PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI ROHANI ISLAM DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

Iim Imro’atul Azizah, 1123301207 (2015) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI ROHANI ISLAM DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
IIM IMRO'ATUN AZIZAH_PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI ROHANI ISLAM DI SMA N 3 PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I , BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul berangkat dari kenyataan bahwa Organisasi Rohani Islam SMA Negeri 3 Purwokerto ini mempunyai program-program kegiatan yang dapat membentuk para siswa di SMA Negeri 3 Purwokerto memiliki kepribadian muslim yang sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. Selain dari program kegiatan keagamaan ada juga kegiatan sosial dimana program ini akan membantu siswa dalam membentuk kepribadiannya menjadi muslim sejati, dan dapat mengaplikasikan dan meneruskan yang sudah menjadi kebiasaan di sekolah baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun di lingkungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembentukan kepribadian muslim siswa melalui kegiatan organisasi Rohani Islam di SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMA Negeri 3 Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber data yaitu Pembina Organisasi Rohani Islam, Ketua Organisasi Rohani Islam, Orangtua siswa yang mengikuti Organisasi Rohani Islam, dan siswa yang tidak mengikuti Organisasi Rohani Islam juga pengamatan terhadap kegiatan di Organisasi Rohani Islam. objek penelitian ini adalah pembentukan kepribadian muslim melalui kegiatan Organisasi Rohani Islam di SMA Negeri 3 Purwokerto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis interaktif model Miles and Huberman dengan langkah-langkah sebagai berikut : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Bentuk kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk kepribadian muslim siswa, yang mana dilaksanakan secara kontinue dan sudah terjadwal, yang mana dilaksanakan dengan kegiatan keseharian, mingguan, bulanan bahkan jangka waktu yang panjang yaitu tahunan. 2) Metode yang digunakan yaitu pembiasaan, keteladanan, nasehat, dan perhatian/pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Muslim, organisasi ROHIS, Remaja.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Dec 2016 06:37
Last Modified: 07 Dec 2016 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item View Item