KINERJA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PEREMPUAN DI MI MA’ARIF NU 1 SOKARAJA TENGAH

ATIKA RAKHMAWATI, 102333008 (2014) KINERJA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PEREMPUAN DI MI MA’ARIF NU 1 SOKARAJA TENGAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (978kB) | Preview
[img] Text
Atika Rakhmawati_KINERJA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kinerja Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah adalah penilaian kinerja Kepala Madrasah Perempuan dalam pengelolaan kepemimpinannya menjadi manajer di sebuah Lembaga Pendidikan Islam atau madrasah berdasarkan pola fikir manajemen, atau berdasarkan proses manajemen dengan fungsi-fungsi manajemen: planning, organizing, actuating, controlling dan evaluating. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa Kepala MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah merupakan Kepala madrasah yang berjenis kelamin perempuan, dan telah berpengalaman lama menjadi tenaga pendidik dan menjadi kepala madrasah. Kinerjanya juga sudah tidak diragukan lagi dengan banyak pengalaman dan berbagai pelatihan kepemimpinan yang beliau jalani. Dalam mewujudkan kinerja yang dibutuhkan, diperlukan pengelolaan (manajemen) program yang efektif dan efisien agar tujuan, visi, dan misi madrasah dapat terwujud dengan maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Kinerja Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara berfikir analisis kualitatif. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan beberapa guru yang mengajar di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa Kinerja Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah telah melakukan kinerjanya dengan cukup baik, karena sudah memenuhi fungsi manajerial. Tahap yang dilakukan mulai dari perencanaan program yang akan dilaksanakan di madrasah. Pengorganisasian di Madrasah sudah tertata dengan jelas karena telah ditentukan pembagian tugas, wewenang dan tanggungjawab secara rinci berdasarkan bagian dan kemampuan masing-masing guru. Proses penggerakkan juga sudah kepala madrasah lakukan dengan cara memotivasi para guru sesuai dengan karakteristiknya yang lembut namun tegas. Pengawasan kinerja kepala madrasah telah dilaksanakan dengan baik karena pengawasan dilakukan secara rutin setiap hari, serta evaluasi yang dilakukan secara rutin, yaitu rapat 2 bulan sekali untuk mengevaluasi hal-hal yang dirasa masih kurang, sebagai bahan introspeksi demi kemajuan madrasah. Kata kunci: Kinerja, Kepemimpinan, Kepala Madrasah Perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 09 Dec 2016 00:53
Last Modified: 09 Dec 2016 00:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item View Item