PENGARUH METODE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs DARUL ABROR KEDUNGJATI KABUPATEN PURBALINGGA

Khotimatun, Amalia (2023) PENGARUH METODE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs DARUL ABROR KEDUNGJATI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KHOTIMATUN AMALIA_Pengaruh Metode The Power of Two Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII di MTs Darul Abror Kedungjati Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Darul Abror Kedungjati Kabupaten Purbalingga. Kemampuan penalaran matematis adalah proses berpikir untuk menyelesaikan sebuah permasalahan berdasarkan analisis dari data yang didapatkan. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa adalah metode pembelajaran yang digunakan. Peneliti memilih menerapkan metode pembelajaran yang menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi rendahnya kemampuan penalaran matematis yaitu metode The Power of Two. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode The Power of Two terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Darul Abror Kedungjati Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Darul Abror Kedungjati Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 227 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII C yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas Kontrol dan kelas VIII F yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas Eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal tes untuk mengukur kemampuan penalaran matematis. Diambil dari hasil uji N-Gain diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata sebesar 0,85. Sedangkan kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata sebesar 0,65. Dengan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode The Power of Two berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Darul Abror Kedungjati Kabupaten Purbalingga Kata Kunci: Metode The Power of Two, Kemampuan Penalaran Matematis, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode The Power of Two, Kemampuan Penalaran Matematis, Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.7 Research and Statistical Methods
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Khotimatun Amalia sdri
Date Deposited: 02 Feb 2023 00:38
Last Modified: 02 Feb 2023 00:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18276

Actions (login required)

View Item View Item