PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEMINDMAPPING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKNMATERI GLOBALISASI SEMESTER II KELAS IV DIMIMA’ARIF NU 01 BOJONG KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP\ TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AGUS EKO SETIYAWAN, 102336060 (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEMINDMAPPING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKNMATERI GLOBALISASI SEMESTER II KELAS IV DIMIMA’ARIF NU 01 BOJONG KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP\ TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Agus Eko S_PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF Type MIND MAPPING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140MB)

Abstract

Pembelajaran PKn di MI Ma’arif NU 01 Bojong masih menemui banyak hambatan, diantaranya perolehan hasil belajar siswa kelas IV masih rendah, dari 18 siswa, hanya 6 siswa yang dinyatakan tuntas dan 12 siswa dinyatakan belum tuntas karena masih di bawah KKM. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena guru masih sering menggunaan metode konvensional, membuat siswa pasif dan merasa bosan mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Untuk itu, peneliti akan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping diharapkan suasana belajar tidak membosankan, karena sistem belajar yang tidak terfokus hanya ada guru yag bercerita melainkan siswa yang lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator saja, dengan menggunakan Mind Mapping waktu yang kita gunakan untuk mencatat lebih singkat, lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada materi Globalisasi melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping di Kelas IV MI Ma’arif NU 01 Bojong Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengukuran tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi “Globalisasi” di MI Ma’arif NU 01 Bojong Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat pada tabel nilai hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus sampai siklus terakhir (siklus II) menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, yaitu dari 6 siswa atau sebesar 33,33% yang tuntas pada pra siklus meningkat pada siklus II menjadi 17 siswa atau sebesar 94,44%. Nilai rata-rata juga meningkat signifikan, yaitu dari 56,11 pada pra siklus menjadi 84,67 pada siklus II. Jadi, ketuntasan belajar siswa dari pra siklus ke siklus II meningkat sebesar 61,11% atau sebanyak 11 siswa. Dan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus II meningkat sebesar 28,56. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Mind Mapping, Hasil Belajar, PKn

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 09 Dec 2016 00:53
Last Modified: 09 Dec 2016 00:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item