METODE PEMBELAJARAN PADA SENTRA IBADAH DI TK DIPONEGORO 52/ Al- ITTIHAAD PASIR KIDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NELIS SORAYA, 092331183 (2014) METODE PEMBELAJARAN PADA SENTRA IBADAH DI TK DIPONEGORO 52/ Al- ITTIHAAD PASIR KIDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
Nelis Soraya_METODE PEMBELAJARAN PADA SENTRA IBADAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)

Abstract

Taman Kanak-Kanak merupakan bentuk satuan pendidikan bagi anak usia dini pada jalur formal bagi anak usia 4-6 tahun. Masa prasekolah merupakan awal pendidikan sekolah, oleh karena itu Taman Kanak-Kanak perlu menciptakan situasi pendidikan yang dapat memberikan rasa aman, nyaman dan menyenangkan. Kegiatan belajar di Taman Kanak-Kanak adalah pembentukan perilaku melalui pembiasaan yang terwujud dalam kehidupan sehari-hari, dan bermain merupakan cara yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan anak didiknya. Mengajar di Taman Kanak-Kanak guru dituntut untuk menggunakan strategi dan metode yang bervariatif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Untuk mengembangkan kreativitas anak, metode-metode yang dapat dipilih adalah metode yang dapat menggerakan anak untuk mengembangkan motivasi, rasa ingin tahu dan imajinasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran Pada Sentra Ibadah di TK Diponegoro 52/ Al- Ittihaad Pasir Kidul Tahun Pelajaran 2013/2014. Kesimpulan dari sekripsi ini yaitu adanya tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Berdasarkan observasi tentang penerapan metode pembelajaran pada sentra ibadah di TK Diponegoro 52/ Al- Ittihaad Pasir Kidul menggunakan 9 metode pembelajaran yaitu (1) metode pembiasaan, (2) metode latihan, (3) metode tanya jawab atau bercakap-cakap, (4) metode pemberian tugas, (5) metode bermain, (6) metode demonstrasi, (7) metode bercerita, (8) metode bernyanyi, (9) metode praktek langsung. Penggunaan metode pembelajaran pada sentra ibadah di TK Diponegoro 52/ Al- Ittihaad Pasir Kidul digunakan sesuai dengan kondisi dan karakter peserta didik, metode juga digunakan disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan guru. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Pada Pembelajaran Sentra Ibadah di TK Diponegoro 52/ Al-Ittihaad Pasir Kidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 09 Dec 2016 00:53
Last Modified: 09 Dec 2016 00:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item