IMPLEMENTASI METODE TAMYIZ PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI SMP MA'HAD DARUSSA'ADAH CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Rizka Imro, Atul Azizah (2023) IMPLEMENTASI METODE TAMYIZ PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI SMP MA'HAD DARUSSA'ADAH CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RIZKA IMRO ATUL AZIZAH_IMPLEMENTASI METODE TAMYIZ PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI SMP MA'HAD DARUSSA'ADAH CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Ma’had Darussa’adah Cilongok merupakan salah satu fakta yang relative berat untuk dikuasai. Dikarenakan latar belakang pendidikan peserta didik yang berbeda-beda. Dengan adanya pembelajaran yang inovatif dan menarik itu akan menambah daya tarik atau antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mewujudkan pembelajaran yang inovatif dan menarik tentu membutuhkan metode yang tepat untuk digunakan saat pembelajaran. Pemilihan metode juga disesuaikan dengan keadaan peserta didik dan harus dipilih secara tepat. Metode merupakan salah satu factor untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Dengan itu, pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII SMP Ma’had Darussa’adah Cilongok menggunakan metode tamyiz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi metode tamyiz pada pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Ma’had Darussa’adah Cilongok. Jenis peneitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian pada skripsi ini adalah Implementasi Metode Tamyiz pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Ma’had Darussa’adah Cilongok. Adapun subjek pada skripsi ini adalah Guru Bahasa Arab Kelas VIII dan peserta didik kelas VIII SMP Ma’had Darussa’adah Cilongok. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tamyiz dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Ma’had Darussa’adah Cilongok diawali dengan persiapan, yang meliputi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempersiapkan jurnal dan absensi peserta didik, serta menyiapkan materi yang akan disampaikan menggunakan metode tamyiz. Pada Langkah pelaksanaan, guru menjelaskan materi kepada peserta didik dan juga mempraktikkannya sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh guru. Langkah terakhir dalm pembelajaran yaitu evaluasi. Kegiatan evaluasi ada yang berupa tertulis dan tidak tertulis. Evaluasi tertulis peserta didik mengerjakan ulangan yang diberikan oleh guru dan untuk tes tidak tertulis guru menggunakan tes lisan dan tes praktik. Dengan metode tamyiz, peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, merasa senang dan lebih mudah dalam memahami serta menghafal materi yang diberikan oleh guru. Kata Kunci: Metode Tamyiz, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Tamyiz, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rizka Imro Atul Azizah
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:23
Last Modified: 01 Feb 2023 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18218

Actions (login required)

View Item View Item