Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa

Eva Mustika Utami, 1717407010 (2023) Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa)
Eva Mustika Utami_Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Representasi matematika adalah kemampuan untuk menyajikan kembali ide-ide matematis dalam bentuk yang berbeda. Kemampuan representasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Karena merupakan keterampilan dasar yang diperlukan siswa untuk membangun suatu konsep serta berpikir matematis. Salah satu yang mempengaruhi kemampuan representasi matematika yaitu kemandirian belajar siswa. Siswa yang memiliki kemandirian tinggi memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi untuk belajar, sehingga akan lebih mudah menerima informasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematika siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskripsif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Dari subjek tersebut terpilih 7 siswa, 2 siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi, 3 siswa dengan tingkat kemandirian belajar sedang, dan 2 siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah. Peneliti memilih 7 siswa tersebut untuk melihat apakah ada perbedaan antara 2 siswa tingkat kemandirian belajar tinggi, 3 siswa tingkat kemandirian belajar sedang dan 2 siswa tingkat kemandirian belajar rendah pada kemampuan representasi matematika materi relasi dan fungsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket kemandirian belajar siswa, tes kemampuan representasi matematika siswa, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan representasi matematika yang baik dan siswa menyelesaikan semua soal dengan baik, tetapi belum maksimal, karena ada beberapa siswa yang melakukan kesalahan pada indikator visual, indikator persamaan, maupun indikator verbal. Siswa dengan kemandirian belajar sedang memiliki kemampuan representasi matematika yang cukup baik dan masih banyak siswa yang malakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tes materi relasi dan fungsi, pada indikator representasi verbal/ kata-kata cukup baik, tetapi pada indikator visual dan persamaan/ekspresi matematis masih sangat kurang. Siswa dengan kemandirian belajar rendah memiliki kemampuan representasi metematika yang kurang dan siswa merasa kesulitan untuk menyelesaikan soal tes materi relasi dan fungsi, pada indikator visual/gambar, indikator persamaan/ekspresi matematis dan verbal/kata-kata masih sangat kurang. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematika, Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematika, Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Eva mustika utami sdri
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:37
Last Modified: 01 Feb 2023 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18211

Actions (login required)

View Item View Item