IMPLEMENTASI PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 CILONGOK BANYUMAS

Faoziyah, Arizka Fitri (2023) IMPLEMENTASI PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Faoziyah Arizka Fitri_Implementasi Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Cilongok Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 CILONGOK BANYUMAS Oleh: Faoziyah Arizka Fitri NIM. 1817402100 ABSTRAK Dalam menghadapi tantangan globalisasi, kurikulum 2013 ini diharapkan bisa menjawab tantangan pergeseran paradigma pembangunan dari abad ke-20 menjadi abad ke-21, dimana masyarakat harus memiliki masa depan yang produktif, kreatif, kolaboratif, kritis, dan mandiri. Sekolah diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui adanya penilaian berorientasi HOTS untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan kreatif serta mampu berpikir inovatif serta mampu memecahkan solusi dari suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan hasil, serta pengolahan dan tindak lanjut dari penilaian HOTS pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Cilongok Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan penyusunan instrumen penilaian HOTS di lakukan dengan 6 langkah. Dalam pelaksanaannya menunjukan bahwa dari 45 soal yang tersedia terdapat 43 soal yang sesuai dengan indikator dan 2 soal tidak sesuai dengan indikator. Dalam soal ditemukan 14 soal tipe HOTS dan 31 soal lainnya tipe LOTS. Adapun soal HOTS terdapat pada nomor 4, 10, 11, 12, 14, 15, 18, 20, 21, 22, 23, 24, 40, dan 44. Adapun hasil yang diperoleh oleh siswa di kelas IX F menunjukan bahwa dari 31 siswa terdapat 22 siswa yang sudah tuntas dan 9 siswa yang belum tuntas. Untuk tindak lanjut yang dilakukan guru bagi siswa yang sudah tuntas diberikan program pengayaan dan bagi siswa yang belum tuntas diberikan program perbaikan atau remidial. Kata Kunci: Implementasi Penilaian, Higher Order Thingking Skills, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Penilaian, Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faoziyah Arizka Fitri
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:32
Last Modified: 01 Feb 2023 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18207

Actions (login required)

View Item View Item