ANALISIS PENGARUH LIFESTYLE, BRAND ASSOCIATION DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA SCOOPY DIPEMALANG

Cholisha, Setyawati (2023) ANALISIS PENGARUH LIFESTYLE, BRAND ASSOCIATION DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA SCOOPY DIPEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
CholishaSetyawati_Aanalisis Lifestyle, Brand Association dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor di Pemalang.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sepeda motor bukan lagi barang mewah. Hampir setiap kalangan masyarakat memiliki sepeda motor, semakin tingginya minat masyarakat dalam pembelian sepeda motor merupakan suatu kebutuhan akan transportasi. Keputusan pembelian dalam menentukan motor yang dapat dipakai oleh seseorang tentu berdasarkan atas beberapa faktor, salah satunya adalah atas referensi yang diberikan oleh pengguna lain seperti pada daerah Kabupaten Pemalang yang memiliki kelompok club Motor. Model motor klasik yang memiliki desain unik dan modern salah satunya adalah produk yang dimiliki merek honda berbentuk seperti vespa yaitu type honda scoopy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lifestyle, brand association, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda scoopy. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna motor Scoopy di Pemalang. Dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling kuota. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis. Dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh lifestyle terhadap keputusan pembelian adalah 0,01 dan nilai thitung 3,396 > ttabel 1,984. Artinya terdapat pengaruh lifestyle terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t (parsial) pada variabel brand association terhadap keputusan pembelian menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh brand association terhadap keputusan pembelian adalah 0,00 < 0,05 dan nilai thitung 3,671 > ttabel 1,984. Artinya terdapat pengaruh brand association terhadap keputusan pembelian. Dan hasil uji t (parsial) pada variabel kelompok referensi terhadap keputusan pembelian menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian adalah 0,03 < 0,05 dan nilai thitung 3,053 > ttabel 1,984. Artinya terdapat pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lifestyle, Brand Association, Kelompok Referensi dan Keputusan Pembelian
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Cholisha Setyawati sdri
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:25
Last Modified: 01 Feb 2023 06:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18190

Actions (login required)

View Item View Item