IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SHARAF MELALUI METODE TABEL MODEL BELAJAR K.H. ZAENI DI PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN MIFTAHUL HUDA CIGARU 1 MAJENANG CILACAP

RIYANA, FARHATUS SOIMAH (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SHARAF MELALUI METODE TABEL MODEL BELAJAR K.H. ZAENI DI PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN MIFTAHUL HUDA CIGARU 1 MAJENANG CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RIYANA F. S_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SHARAF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tidak asing lagi jika dalam pondok pesantren para santri akan mengkaji berbagai macam ilmu. Termasuk ilmu alat, yaitu ilmu yang dijadikan alat untuk mempelajari ilmu-ilmu lain. Sehingga sebelum mempelajari ilmu yang lebih dalam para santri diharuskan mengkajinya ilmu nahwu dan sharaf. Namun pada kenyataan di tiap pondok pesantren, masih banyak santri yang merasa kesulitan mempelajari ilmu sharaf. Karena dalam ilmu sharaf berisi banyak istilah yang harus dihafal serta dipaham. Maka dalam pembelajarannya dibutuhkan metode yang dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Demikian dengan pondok pesantren pembangunan Miftahul Huda Cigaru 1 Majenang yang menggunakan metode tabel sebagai metode dalam belajar ilmu sharaf, dimana metode tersebut dikarang langsung oleh beliau K.H. Zaeni pengampu sharaf. Adapun maksud penelitian tersebut untuk menganalisa dan mengetahui keadaan yang terjadi di lapangan. Melalui metode tabel dapatkah membantu para santri memahami ilmu sharaf. Pada penelitian ini penulis memilih menggunakan penelitian kualitatif dan mengumpulkan data melalui teknik observasi dan wawancara, selanjutnya akan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan subjek penelitiannya yaitu guru, santri, pihak keluarga pengarang metode. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Pembangunan Miftahul Huda Cigaru 1 Majenang. Sehingga dengan menggunakan metode tabel diharapkan dapat memahami sharaf dan menguasai baik dari segi teori dan praktik. Beralih pada proses pelaksanaan yaitu guru menyiapkan soal yang nantinya diberikan kepada santri untuk dikerjakan. Adapun latihan soal tersebut merupakan bagian dari proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tabel dapat mempermudah santri mempelajari sharaf serta membangkitkan keaktifan para santri di kelas. Sehingga guru juga dapat mendalami karakter tiap santri serta mengetahui karakternya. Namun dibalik hal tersebut terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya tenaga pengajar, serta kurangnya waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Tabel, Sharaf dan K.H. Zaeni
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Riyana Farhatus Soimah sdr
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:18
Last Modified: 01 Feb 2023 06:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18187

Actions (login required)

View Item View Item