PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI SISWA KELAS VB MI MUH PENGADEGAN PBG TAHUN PEL 2014-2015

Musfiroh Afita, 1123305119 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI SISWA KELAS VB MI MUH PENGADEGAN PBG TAHUN PEL 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MUSFIROH AFITA_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI SISWA KELAS VB MI MUH PENGADEGAN PBG TAHUN PEL 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kondisi hasil belajar siswa yang rendah, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kondisi ini disebabkan karena guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab. Selain itu dalam mata pelajaran IPS terlalu banyak hafalan sehingga siswa kurang tertarik terhadap mata pelajaran tersebut. Akhirnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa sekitar proklamasi siswa kelas VB MI Muhammadiyah Pengadegan, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga, tahun pelajaran 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT). Jenis Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes akhir setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada pembelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VB MI Muhammadiyah Pengadegan. Halini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dan prosentase keberhasilan siswa dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebelum pemberian tindakan adalah 52,38 sedangkan prosentase siswa mencapai ketuntasan belajar adalah 42,86%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 64 sedangkan prosentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 61,90%. Pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 70,57 sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa yang mencapai 80,95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Teams Game Tournament (TGT).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:56
Last Modified: 06 Dec 2016 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item View Item