HUBUNGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI SALAFIYAH CIPARI DAN MI NEGERI SEGARALANGU

HOTIATUL MAGHFUROH, 1123305089 (2016) HUBUNGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI SALAFIYAH CIPARI DAN MI NEGERI SEGARALANGU. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
abstrak.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
Hotiatul Maghfuroh_HUBUNGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI SALAFIYAH CIPARI DAN MI NEGERI SEGARALANGU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Dari penelitian yang dilakukan sebelum penelitian ini dapat diterangkan bahwa model evaluasi pembelajaran memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya hasil belajar siswa yang berbeda ketika menggunakan model evaluasi yang berbeda pula walaupun materi yang di ujikannya masih sama. Hal tersebut yang mendorong penulis untuk melanjutkan penelitian tentang hubungan model evaluasi dengan hasil belajar siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu model evaluasi pembelajaran sebagai variabel X dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y. Dan metode-metode yang di gunakan peneliti untuk mengumpulkan data penelitian yaitu metode survei dengan teknik analisis korelasional, yaitu suatu penelitian yang bertujuan mencari hubungan atau pengaruh dari dua variabel atau lebih. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada pertimbangan angka-angka atau statistik dari suatu variabel untuk dapat dikaji secara terpisah dan kemudian di hubungkan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa ketiga model evaluasi pembelajaran yang dipilih sebagai sempel oleh peneliti yaitu model evaluasi pilihan ganda, model evaluasi esay, dan model evaluasi uraian memiliki hubungan yang erat dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut merupakan hasil kesimpulan berdasarkan analisis data menggunakan prodact moment dan ditandai dengan adanya nilai Rxy yang lebih besar dari 0,5. Diantara ketiga model evaluasi yang di ujikan peneliti tersebut, model evaluasi esay yang memiliki hubungan paling erat dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas III MI Salafiyah Cipari dan MI Negeri Segaralangu apabila dibandingkan dengan model evaluasi pilihan ganda dan model evaluasi uraian. Yaitu dengan nilai Rxy sebesar 0,988. Kata kunci: model evaluasi pembelajaran, dan prestasi belajar mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:33
Last Modified: 14 Jun 2016 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item