ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS FLORASÉA PURWOKERTO)

ANISA, NUR HIDAYAH (2023) ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS FLORASÉA PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANISA NUR HIDAYAH_ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS FLORASÉA PURWOKERTO).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Floraséa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang florist modern, berlokasi di Jalan Kampus, Brubahan, Grendeng, Purwokerto utara (Floraséa Unsoed) didirikan pada 1 Agustus 2020 dan di Jalan Raya dusun III, Dukuhwaluh, Kembaran (Floraséa UMP) didirikan pada 15 Januari 2022. Di era teknologi yang berkembang sangat pesat, Floraséa memiliki strategi untuk berinteraksi dan menarik perhatian konsumen melalui sosial media sebagai penyebaran produk Floraséa, jangkauan yang didapat oleh perusahaan lebih luas, serta kemudahan bagi calon pembeli dan pelanggan dalam mencari dan menyebarkan informasi mengenai produk dari Floraséa Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran electronic word of mouth yang diterapkan pada Floraséa Purwokerto di era digital dan efektivitas penggunaan electronic word of mouth di era digital dalam pemasaran produk Floraséa Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif kualitatif, yang terdiri atas tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi komunikasi pemasaran electronic word of mouth yang diterapkan pada Floraséa Purwokerto di era digital terdiri dari penerapan konsep strategi komunikasi pemasaran dan bauran komunikasi pemasaran. Pada electronic word of mouth Floraséa menerapkan konten, intensitas, dan pendapat positif dan negatif berupa menggunggah foto dan video produk pada instagram, website dan tiktok. Penggunaan electronic word of mouth di era digital dalam pemasaran produk Floraséa Purwokerto berjalan efektif yang dibuktikan dalam penerapannya Floraséa menggunakan konsep AISAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word Of Mouth, Strategi Komunikasi Pemasaran, Era Digital
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anisa Nur Hidayah
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:19
Last Modified: 31 Jan 2023 09:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18068

Actions (login required)

View Item View Item