IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF PADA MATAPELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMA ISLAM TA'ALLUMUL HUDA BUMIAYU BREBES

Nur, Hazni (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF PADA MATAPELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMA ISLAM TA'ALLUMUL HUDA BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, UIN Profil. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nur Hazni , Implementasi Strategi Pembelajaran Metakognitif pada Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA Islam Ta'allumul Huda Bumiayu Brebes.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMA ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU BREBES NUR HAZNI NIM. 1617402163 ABSTRAK SMA Islam Ta’Allumul Huda Bumiayu merupakan salah satu sekolah swasta di Bumiayu. Saat ini SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu menerapkan kurikulum 2013. Pada matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan guru maple bapak Fathul Umam juga telah menerapkan kurikulum 2013. Untuk menambah kualitas dalam pembelajaran , SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu memiliki berbagai tindakan. Salah satunya penggunaan strategi pembelajaran metakognitif pada matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi strategi pembelajaran metakognitif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA Islam Ta’Allumul Huda Bumiayu Kabupaten Brebes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu Data Reduction, Data Display, dan Verification.Dalam hal ini yang menjadi objek penelitian adalah implementasi strategi pembelajaran metakognitif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan yang menjadi subjek pada penelitian kali ini adalah guru matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan siswa kelas XI A. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi strategi pembelajaran metakognitif pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di SMA Islam Ta’Allumul Huda Bumiayu kabupaten Brebes telah terlaksana , dimana dalam proses pembelajaran dengan strategi metakognitif ini didalamnya terdapat 3 cara proses pembelajaran , yaitu : pemecahan masalah , aktivitas metakognitif , dan proses metakognitif. Serta telah diwujudkan dalam pembuatan silabus , rencana pelaksanaan pembelajaran , dan media pendidikan. Meskipun masih terdapat hambatan-hambatan dalam pelaksanaan proses pembelajaran tersebut dengan strategi pembelajaran metakognitif di SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Kata Kunci : Metakognitif, Implementasi Strategi Metakognitif, Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metakognitif, Implementasi Strategi Metakognitif, Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Hazni sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:10
Last Modified: 31 Jan 2023 09:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18057

Actions (login required)

View Item View Item