METODE PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS TINGGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL FATAH KEDAWUNG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ENDANG NOVITA TRIA SARI, 1123306092 (2014) METODE PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS TINGGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL FATAH KEDAWUNG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
Endang Novita TS_METODE PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS TINGGI DI MI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara yang dapat digunakan guru, yang dalam menjalankan fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam sistem pembelajaran, metode merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan, komponen-komponen pengajaran terjalin sebagai suatu sistem saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain. Fungsi metode pembelajaran tidak dapat diabaikan karena metode pembelajaran turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran mata pelajaran IPA di MI Al Fatah Kedawung Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research untuk memperoleh data yang sebenarnya yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke MI Al Fatah Kedawung. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Penulis menganalis data secara kualitatif dengan metode deskriptif analisis dan melalui tahap koleksi data, reduksi data, display data dan simpulan atau verifikasi data. Setelah penelitian dilakukan, diperoleh hasil bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran IPA di MI Al Fatah Kedawung Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode resitasi, metode diskusi, metode demonstrasi, metode eksperimen. Penggunaan metode tersebut digunakan guru dengan mengkombinasikan metodemetode diatas dalam setiap pembelajarannya dalam satu pertemuan untuk menyampaikan materi, sehingga membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dan membuat prestasi belajarnya baik. Kata kunci : Metode Pembelajaran,Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 07 Dec 2016 00:25
Last Modified: 07 Dec 2016 00:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item