PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK (DI DESA KEMBARAN KULON, KECAMATAN PURBALINGGA, KABUPATEN PURBALINGGA

Ega Putri, Hapsari (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK (DI DESA KEMBARAN KULON, KECAMATAN PURBALINGGA, KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhr.

[img]
Preview
Text
Ega Putri Hapsari_1817101016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh peranan orang tua. Salah satu peran pentingnya adalah memberikan cinta dan kasih sayang dalam pembentukan karakter anak. Orang tua juga berperan penting untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Penelitian ini mengangkat kasus bagaimana peranan orang tua untuk memunculkan kepercayaan diri anak di Desa Kembaran Kulon, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga dengan kriteria subjek yaitu tiga pasang orang tua yang memilik anak dengan rasa percaya diri rendah. Subjek pertama yaitu orang tua yang memiliki anak sulit untuk berkomunikasi dengan orang tua dan teman sebaya di lingkungan tempat tinggal, subjek kedua yaitu orang tua dengan anak yang sulit atau malu menyampaikan keinginan kepada orang tuanya, dan subjek ketiga yaitu orang tua dengan anak yang takut atau malu diajak berbicara oleh orang asing atau orang yang jarang ditemui serta sulit untuk berteman dengan teman sebaya. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitiannya adalah orang tua. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisa data menggunakan reduksi data, display dan Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua berperan penting dalam meningkatkan rasa percaya diri anak, melalui tiga teknik yang dapat diterapkan oleh orang tua untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak diantaranya: 1. Teknik bercakap-cakap, 2. Teknik memberikan kesempatan kepada anak dalam menyampaikan pendapat dan keinginannya, 3. Teknik pemberian reward atau pujian. Selain menggunakan tiga teknik terserbut orang tua berusaha mendekatkan diri kepada anak agar orang tua dapat berbicara secara pelan kepada anak agar anak mampu menyerap dan mengikuti arahan yang di berikan oleh orang tuanya. anak menjadi berani untuk bermain dilingkungan yang luas, serta berani dan mampu berinteraksi dengan kedua orang tua, keluarga serta orang-orang yang ada disekelilingnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Anak, Percaya Diri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ega Putri Hapsari
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:57
Last Modified: 31 Jan 2023 08:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18036

Actions (login required)

View Item View Item