PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA PADA TIGA MI DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Intihatun Mardiyah, 1123305021 (2015) PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA PADA TIGA MI DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
INTIHATUN MARDIYAH_PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA PADA TIGA MIDI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari siswa kelas V pada tiga MI yang ada di Kabupaten Purbalingga yaitu MI Istiqomah Sambas, MI Negeri Wirasaba, dan MI Negeri Krangean. Tiga MI tersebut telah menerapkan active learning dalam pembelajaran IPA. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan active learning dalam pembelajaran IPA dan sejauh mana pemahaman guru tentang active learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Active Learning pada Pembelajaran IPA pada Tiga MI di Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dari delapan indikator active learning sudah diterapkan dengan baik serta bagaimana penerapannya dalam pembelajaran IPA. Adapun manfaat yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu, memberikan wawasan bagi guru untuk dapat melakukan pembelajaran IPA dengan baik dan memberikan informasi mengenai berbagai aspek strategi active learning yang digunakan serta penerapannya dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti akan menyajikan aspek-aspek active learning yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA di kelas V beserta penerapannya. Lokasi yang menjadi tempat penelitian adalah MI Istiqomah Sambas, MI Negeri Wirasaba, dan MI Negeri Krangean. Dengan subjek meliputi guru mata pelajaran IPA di Kelas V, dan siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Deskripsi data dalam penelitian ini yaitu menguraikan berbagai macam aspek active learning dan bagaimana cara menerapkannya dalam pembelajaran IPA di kelas V dengan peneliti menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa guru mata pelajaran IPA di kelas V telah menerapkan strategi active learning yang meliputi delapan indikator yang menurut teori Melvin L.Silberman yaitu Full-class Learning, Class Discussion, Question Prompting, Collaborative Learning, Peer Teaching, Independent Learning, Affective Learning, dan Skill Development. Dalam proses pembelajaran guru menerapkan delapan indikator active learning pada pembelajaran IPA. Setiap MI sudah menerapkan dengan baik indikator active learning namun masih ada indikator active learning yang belum diterapkan secara maksimal. Peneliti membandingan penerapan active learning pada pembelajaran IPA di Tiga MI. Dari setiap aspek active learning mempunyai kelebihan, kelemahan, kesempatan pengembangan dan hambatan dalam penerapan pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Active Learning, Pembelajaran IPA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:40
Last Modified: 06 Dec 2016 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item