PERSIAPAN MENULIS DAN PENGENALAN HURUF SECARA FONETIK BAGI ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN SAND PAPER ALPHABET DALAM BUKU MONTESSORI FOR MULTIPLE INTELLIGENCES

Feni, Dafiniyatul 'Ulum (2023) PERSIAPAN MENULIS DAN PENGENALAN HURUF SECARA FONETIK BAGI ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN SAND PAPER ALPHABET DALAM BUKU MONTESSORI FOR MULTIPLE INTELLIGENCES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FENI DAFINIYATUL 'ULUM_PERSIAPAN MENULIS DAN PENGENALAN HURUF SECARA FONETIK BAGI ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN SAND PAPER ALPHABET DALAM BUKU MONTESSORI FOR MULTIPLE INTELLIGENCES.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Membaca dan menulis menjadi keterampilan bahasa yang penting dikuasai oleh anak agar dapat beradaptasi dalam kegiatan belajar terutama di lembaga pendidikan. Pada anak usia dini, pengembangan keterampilan bahasa membaca dan menulis dapat dilakukan menggunakan berbagai metode. Salah satunya adalah menggunakan metode Montessori yang dijelaskan dalam buku berjudul Montessori for Multiple Intelligences karya Ivy Maya Savitri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persiapan menulis dan pengenalan huruf bagi anak usia dini secara fonetik melalui permainan sand paper alphabet dalam buku Montessori for Multiple Intelligences karya Ivy Maya Savitri. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian studi kepustakaan. Dari hasil penelitian ini terdapat beberapa temuan yaitu: (1) dalam mempersiapkan anak untuk bisa menulis, Montessori mengoptimalkan keterampilan otot tangan melalui berbagai aktivitas sensori motorik seperti melalui media permainan sand paper alphabet. Anak akan memahami bagaimana bentuk huruf yang berbeda-beda serta bagaimana cara menulisnya karena terbiasa meraba bagian kasar pada media sand paper alphabet mengikuti pola huruf; (2) Montessori menggunakan metode fonetik dalam mengenalkan huruf agar anak dapat memahami bunyi yang keluar dari huruf, bukan hanya bentuk dan nama hurufnya. Hal ini akan meminimalisasi kesalahan anak ketika membaca dan menulis huruf; (3) aktivitas belajar menggunakan metode ini akan melibatkan banyak koordinasi indra dan gerak tubuh, anak dijadikan sebagai pusat pembelajaran sedangkan guru hanya sebagai fasilitator saja sehingga aktivitas belajar menjadi interaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bahasa, Membaca dan Menulis, Metode Montessori, Anak Usia Dini
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Feni Dafiniyatul 'Ulum sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:48
Last Modified: 31 Jan 2023 08:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item