PANDANGAN KAFA'AH DALAM PERKAWINAN DI DUSUN DUKUH MINGKRIK KECAMATAN TONJONG MENURUT KITAB FIQH AS-SUNNAH

Nur Khoviva, Rozaq (2023) PANDANGAN KAFA'AH DALAM PERKAWINAN DI DUSUN DUKUH MINGKRIK KECAMATAN TONJONG MENURUT KITAB FIQH AS-SUNNAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Khoviva Rozaq_Pandangan Kafa'ah Dalam Perkawinan Di Dusun Dukuh Mingkrik Kecamatan Tonjong Menurut Kitab Fiqh As-Sunnah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kafa’ah menjadi salah satu permasalahan dalam mencari pasangan dalam pernikahan diantara calon suami dan calon istri, kafa’ah diatur dalam perkawinan Islam namun karena dalil yang mengaturnya tidak jelas dan spesifik baik dalam al-Qur’an maupun dalam hadist Nabi maka menjadi perselisihan. Dalam kitab Fiqh As-Sunnah karya As-Sayyid Sabiq menjelaskan tentang kafa’ah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pandangan masyarakat tentang praktek kafa’ah di Dusun Dukuh Mingkrik dan korelasi kafa’ah dalam perkawinandi Dusun Dukuh Mingkrik Kecamatan Tonjong dalam kitab Fiqh As-Sunnah. Penelitian yang penulis lakukan termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Data primer yang digunakan adalah wawancara dengan 1 tokoh agama dan 1 tokoh masyarakat dan 2 masyarakat di Dusun Dukuh Mingkrik Kecamatan Tonjong dengan menggunakan metode Purposive sampling. Sedangkan sumber data sekunder berupa kitab Fiqh As-Sunnah karya As-Saayyid Sabiq dan buku yang terkait dengan penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kitab Fiqh As-Sunnah kriteria dari kafa’ah atau kesetaraan dalam perkawinan dilihat dari suami yang sekufu dengan istrerinya dilihat dari beberapa hal yaitu nasab, status sosial, agama, pekerjan, harta dan tidak cacat fisik sedangkan di Dusun dukuh Mingkrik Kecamatan Tonjong kriteria kafa’ah dilihat dari pekerjaan, agama, akhlak dan keturunan. Sehingga terdapat persamaan dan berbedaan antara pandangan masyarakat dan konsep kafa’ah dalam kitab Fiqh as-Sunnah karya As-Sayyid Sabiq.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kafa'ah, Fiqh As-Sunnah, Masyarakat
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nur khoviva rpzaq sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:15
Last Modified: 31 Jan 2023 08:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18004

Actions (login required)

View Item View Item