IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMK MA'ARIF NU 1 AJIBARANG

Ika, Apriliani (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMK MA'ARIF NU 1 AJIBARANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IKA APRILIANI_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMK MA'ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMAS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Disiplin menjadi hal utama di dalam pengembangan karakter siswa. Fakta lapangan masih terdapat sekolah yang siswanya belum disiplin di mana hal tersebut berdampak pada karakter atau pengembangan kualitas diri siswa. Terdapat sekolah yang telah melakukan upaya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di antaranya SMK Ma‟arif NU 1 Ajibarang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan perilaku disiplin siswa di SMK Ma‟arif NU 1 Ajibarang. Rumusan masalah yang diangkat dalam riset ini adalah bagaimana penyiapan, uji coba dan evaluasi, implementasi, serta evaluasi terhadap kebijakan Kepala SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang dalam meningkatkan perilaku disiplin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada saat penelitian. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala kesiswaan, guru dan siswa. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan kepala sekolah dalam upaya mendisiplinkan siswa yakni membuat tata tertib, point atau sanksi dan pemberian reward melalui 4 tahap implementasi kebijakan yaitu penyiapan kebijakan, uji coba kebijakan, implementasi kebijakan dan evaluasi kebijakan. Penyiapan kebijakan tata tertib dilakukan rapat setiap akhir tahun atau pertengahan dan rapat awal tahun pelajaran. Penyiapan kebijakan point atau sanksi dengan menempel poin pelanggaran setiap kelas dan dilakukan briefing sebelum pembelajaran. Penyiapan kebijakan reward dengan menyiapkan reward untuk siswa yang berprestasi dan disiplin tinggi. Uji coba kebijakan tata tertib, kepala sekolah memulai dari guru dan guru selalu memperhatikan siswa dan jenuh menasehati siswa. Uji coba penerapan point atau sanksi dilakukan progress report bulanan. Uji coba pemberian reward, kepala sekolah memberikan reward setiap bulan dan dan reward yang diberikan guru. Implementasi tata tertib dimasukkan pada kegiatan melalui ekstrakulikuler. Implementasi point atau sanksi dilakukan untuk siswa yang melanggar dan akan memperoleh konsekuensinya. Implementasi pemberian reward berupa kata-kata lisan, bebas SPP, benda Dan lain-lain. Evaluasi penerapan tata tertib melalui manajemen review. Evaluasi penerapan point atau sanksi melalui progress report tahunan. Evaluasi pemberian reward melalui manajemen review pada akhir tahun bersama masalah tata tertib. Kata Kunci: Disiplin, Implementasi, Kebijakan Kepala Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Implementasi, Kebijakan Kepala Sekolah
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ika Apriliani
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:14
Last Modified: 03 Feb 2023 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18003

Actions (login required)

View Item View Item