EFEKTIFITAS PENYALURAN KARTU KELUARGA SEJAHTERA BANTUAN PANGAN NON TUNAI (STUDI KASUS PT.BANK MANDIRI KC PURWOKERTO)

Muh. Satrio, Bayu Aji (2023) EFEKTIFITAS PENYALURAN KARTU KELUARGA SEJAHTERA BANTUAN PANGAN NON TUNAI (STUDI KASUS PT.BANK MANDIRI KC PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muh.Satrio Bayu Aji_Efektifitas Penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai (Studi Kasus PT.Bank Mandiri KC Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan suatu keadaan/kondisi ketidakmampuan individu/kelompok masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik kondisi fisik maupun ekonomi. Upaya dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan salah satunya dengan memberikan subsidi seperti pemberian program bantuan. Program yang dibentuk pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok adalah Program Bantuan Pangan Non Tunai yang disalurkan lewat Kartu Keluarga Sejahtera. Bank Mandiri KC Purwokerto merupakan Himbara yang mengurus program penyaluran Kartu keluarga sejahtera. Dalam Proses Penyaluran Kartu keluarga sejahtera banyak kendala dan hambatan. Dalam penelitian ini, masalah yang akan dikemukakan adalah Bagaimana Efektifitas berpengaruh dalam penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data dari penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder yang didapatkan melalui observasi proses penyaluran KKS BPNT, wawancara pada Officer dan tenaga alih daya Government Project Bank Mandiri KC Purwokerto, dokumentasi proses penyaluran KKS BPNT, website, jurnal dan buku guna mendapatkan informasi dan bukti dalam proses penelitian Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan penyaluran program Kartu keluarga sejahtera Bantuan pangan non tunai terbilang Efektif, hal ini berdasarkan dari mulai penerapan sistem pengendalian internal pada Government Project Bank Mandiri KC purwokerto sudah diterapkanya pedoman, standar dan unsur-unsur sistem pengendalian internal yang baik. Selanjutnya indikator pencapaian tujuan teridentifikasi sesuai dengan SOP. proses integrasi komunikasi dan sosialisasi kepada masyarakat oleh Government Project Bank Mandiri KC purwokerto mengenai Kartu Keluarga sejahtera bantuan pangan non tunai berjalan dengan baik dapat dilihat dari masyarakat paham dan mengerti proses pemanfaatan kartu keluarga sejahtera tersebut. Untuk Proses adaptasi dari pemanfaatan KKS oleh masyarakat dan penanggulangan masalah sudah teratasi. Kata Kunci : Efektifitas, Pengendalian Internal, KKS BPNT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EFEKTIFITAS, PENGENDALIAN INTERNAL, KKS BPNT
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.65 Organisasi Profesi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Satrio Bayu Aji sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:09
Last Modified: 31 Jan 2023 08:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17988

Actions (login required)

View Item View Item